25.6 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 11, 2020

Seminar Cara Menghafal Al-Qur’an Ponpes Karangasem

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

UM Metro PTS Terbaik di Sumatera Versi Webomatrics

METRO, Suara Muhammadiyah - Dalam rilis terbaru Webomatrics edisi Juli 2020, Universitas Muhammadiyah Metro bertahan di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi swasta...

Khutbah Ta’aruf Hajriyanto di SMP Mutual: Pentingnya Komunikasi dan Menjalin Relasi

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu aspek yang akan menentukan keberhasilan dimasa mendatang adalah sejauh mana kemampuan berkomunikasi serta menjalin relasi dengan...

Haedar Nashir: Kerjasama Jadikan Unismuh Unggul dan Berkemajuan

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag resmi dilantik jadi Rektor baru Unismuh Makassar periode 2020-2024. Prof Ambo Asse...

Prof Ambo Asse Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru Unismuh ke-11

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag resmi dilantik menjadi Rektor Unismuh Makassar. Guru Besar dari UIN Alauddin Makassar...

Kiprah Prof Rahman Rahim Memajukan Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Unismuh  Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM telah berakhir masa periodenya  sebagai rektor sejak Sabtu...
- Advertisement -

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Ribuan Santri Ponpes Karangasem Muhammadiyah Paciran sangat antusias saat Syeih Muhammad Jaber dari Saudi Arabia memberikan seminar cara menghafal Al Quran secara praktis dan tak terlupakan.

Di depan ribuan santri Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan, Syech Jaber memberikan petunjuk praktis khusus cara menghafal Al-Quran.

Mengapa kalian menghafal Al-Quran, itulah pertanyaan yang pertama diberikan Syech Jaber saat memulai pembiacaraannya. Semua harus dimulai dari keikhlasan lillahitaala.

“Sesungguh orang yang mulia adalah belajar Al Quran dan mengamalkannya,” tambahnya sambil menukil salah satu hadits Nabi, Ahad (8/9).

Kemudian ia menggarisbawahi bahwa dengan menghafal Al Quran kita bisa membahagiakan orang tua, karena itulah cara terbaik membalas kebaikan orang tua.

Inilah beberapa petunjuk yang diberikan Syech Muhammad Jaber jika ingin hafalanya awet. Yaitu, jika sudah punya hafalan selalu membacanya dalam shalat, murajaah (mengulang ulang hafalan) setiap hari, dan membaca Al-Quran setiap hari di tengah kesibukan.

Dan di akhir sesi ia menegaskan bahwa barang siapa yang menghafal (menjaga) Al Quran maka sesungguhnya Al Quran juga menjaga orang yang menghafalnya.

Dalam sesi tanya jawab diberikan petunjuk menghafal sebagaimana di Madinah yaitu mulai dari surat Annas. Berurutan dari juz 30 terus ke depan hingga juz 1.

Dikatakan oleh KH Mufti Labib, pengasuh Ponpes Karangasem bahwa Kehadiran Syech Muhammad Jaber ini agar makin memberikan morivasi kepada para santri dalam menghafal dengan meneladani petunjuk ulama dari Madinah ini.

“Kehadiran Syech Muhammad jaber ini juga sekaligus mengambil metode yang pernah ia lakukan saat menghafal,” tambah Ust Fatih, Direktur Tahfidz Ponpes Karangasem Paciran. (Agus Buchori)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles