30.6 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 1, 2020

Lanjut ke Thailand, Cleanerbot ITB Ahmad Dahlan Juara Kontes Robot Nusantara

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Menguji Kualitas Pilkada dengan Protokol Kesehatan, Apakah Cukup?

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Semenjak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal bulan Maret 2020, banyak hal yang sebenarnya...

Berhasil Lampaui Target, LLHPB ‘Aisyiyah Persiapkan Keberlanjutan Program

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang pengakhiran program “Membangun Kelentingan Keluarga dan Komunitas dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19”, LLHPB PP Aisyiyah mempersiapkan Exit...

Farmasi UMP Juara Nasional Karya Tulis Ilmiah

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Tim Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) BRM FMIPA...

Upaya UMMAT Gelar Wisuda di Masa Pandemi

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar wisuda luring (langsung), untuk angkatan 48 dan 49, Diploma dan Strata-1 (S-1). Wisudah...

Ormas Kegamaan Punya Peran Signifikan Menanggulangi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Diklat dan Litbang Kemenag RI bekerjasama dengan Al-Wasat...
- Advertisement -

TANGERANG SELATAN, Suara Muhammadiyah – Tim Robotik Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) mendapatkan prestasi dengan meraih juara ketiga pada kategori Creative Open Robot di Kontes Robot Nusantara (KRON) 2019.

Prestasi ini diraih Tim Robotik ITB Ahmad Dahlan melalui proyek bertajuk Cleanerbot. Tim ini terdiri dari mahasiswa S1 Sistem Informasi dan S1 Teknologi Informasi diantaranya Abyan Taqy Boynge, Anggita Larassati, Dendi Raihan, Dicky Novrianto, dan Oman Rohman.

Alhamdullilah, dari Tim Robotik ITB Ahmad Dahlan mampu menjadi juara 3. Kami berusaha maksimal dalam mempersiapkan kontes ini dan melakukan latihan rutin setiap harinya menjelang lomba. Ini pertama kalinya kami mengikuti kontes robot,” ujar Oman, Kamis (24/10).

Rektor ITB-AD, Mukhaer Pakkanna mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih mahasiswanya. “Kami terus mendukung upaya-upaya peningkatan prestasi mahasiswa,” tegas Mukhaer.

Menurut Wakil Rektor I ITB-AD Bidang Akademik, Sutia Budi mengatakan, “Kami akan fokus pada pengembangan socio-technopreneur dan pengembangan teknologi masa depan. Maka sejak awal, mahasiswa kami diarahkan pada keterlibatan aktif dalam berinovasi dan berkarya”.

Sedangkan menurut Wakil Rektor III ITB-AD Bidang Kemahasiswaan mengungkapkan, “Kami senantiasa menanamkan kemampuan kepada mahasiswa yang tidak hanya pada aspek sains saja. Kami juga memberikan nilai-nilai Islam berkemajuan dalam berinovasi. Karena bagi kami prestasi saja tidak cukup”.

Setelah menjuarai KRON yang diselenggarakan pada Ahad (20/10) lalu di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN) Ciputat, Tangerang Selatan, Tim Robotik ITB Ahmad Dahlan berkesempatan menjajal kompetisi tahap selanjutnya yang dilaksanakan di Thailand.

Sebagai informasi, KRON merupakan event tahunan nasional yang diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai jenjang pendidikan, dengan asal peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pada perlombaan para peserta akan melakukan presentasi dan demo alat di depan para juri. (Riz)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles