Koordinasi UM Palangkaraya dan PDM Pulang Pisau (Dok Bon/SM)
Koordinasi UM Palangkaraya dan PDM Pulang Pisau (Dok Bon/SM)
Berita

Sinergi KKN UM Palangkaraya dan PDM Pulang Pisau

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) berkunjung ke Sekretariat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau, koordinasi pelaksanaan KKN Mahasiswa di Amal Usaha Muhammadiyah Pulang Pisau.

Kepala LP2M UM Palangkaraya  Dr Nurul Hikmah Kartini, SSi, MPd menyampaikan  bahwa kegiatan KKN dengan  skema amal usaha di kabupaten Pulang Pisau difokuskan di komplek perguruan Muhammadiyah Pulang Pisau.

Kegiatan KKN yang terbagi dalam tiga kegiatan utama yaitu kegiatan fisik yaitu membantu pembangunan fisik di komplek perguruan Muhammadiyah dan Amal Usaha Muhammadiyah,  Kegiatan non fisik yang sasarannya adalah kelompok masyarakat yang akan difokuskan sbg tempat transfer ilmu pengetahuan dari kelompok KKN dengan latar keilmuan pendidikan dan sosial politik serta Kegiatan  Pengelolaan Lingkungan (PLH) Hidup di sekitar lokasi kegiatan.

“LP2M Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berharap agar kerjasama ini terus berlanjut demi kemajuan bersama untuk persyarikatan” ujar Nurul, Rabu (13/11).

DItambahkan  oleh Kepala Bidang pengabdian masyarakat yang bertindak selaku ketua panitia KKN angkatan ke-42, Endang Sri Suyati, MPd, bahwa kegiatan fisik yang dilakukan adalah pembuatan paving blok dan pengurukan tanah di lingkungan komplek perguruan Muhammadiyah Pulang Pisau.

“Insya Allah Tahun depan Program KKN juga akan difokuskan ke Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di PCM seperti Pandih Batu, Maliku dan Bahaur,” katanya.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau Najmuddin SAg, menyambut baik adanya program KKN Mahasiswa yang difokuskan pada Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di wilayah Pulang Pisau,  dan berharap adanya sinergi dan koordinasi  yang berkelanjutan antara Kampus UMP dengan PDM.

“Adanya KKN mahasiswa skema Amal Usaha  juga sebagai sarana dakwah , memberikan pengalaman, menumbuhkan  kecintaan mahasiswa terhadap Persyarikatan beserta Amal Usaha  Muhammadiyah,” ungkapnya.

KKN skema amal usaha  dapat meningkatkan peran dan  motivasi mahasiwa ke  masyarakat khususnya warga Muhammadiyah  yang berada di  lokasi-lokasi Amal Usaha Persyarikatan Muhammadiyah. (Bon)