Pelajar Cilik Juara Pertama Lomba Robotik

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah – Siswa sekolah unggulan SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SD UMP), Banyumas, Jawa Tengah kembali menorehkan prestasi. Kali ini, siswanya bernama Izz Faiq El Fathin dan Damar Widura Mumtaz Ismail berhasil meraih juara pertama Lomba Robot Nasional.

Dalam ajang yang yang digelar di Queen Garden Hotel, Baturraden , Banyumas, Jawa Tengah ini berlangsung selama 2 hari Sabtu – Ahad (23-24/11) dan diikuti oleh 16 tim dari berbagai daerah yaitu Jakarta, Karangannyar, Surakarta, Semarang, Tegal, Purwokerto, serta Cilacap.

Izz Faiq El Fathin, putra pasangan dari Misno Purwoko dan Ika Yustina Rahmawati ini berhasil menjuarai robot jenis Maze.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD UMP Rifqi Maulana mengungkapkan robotik yang dilombakan adalah robot maze dimana sistem pengoperasiian perintah dilakukan melalui aplikasi komputer (PC) ke robot untuk memprogram robot tersebut.

Robot dapat bergerak, maju dan mundur, kearah kanan, kekiri dan serong kanan kiri dan seterusnya dengan memasukkan coding dengan aplikasinya.

“Alhamdulilah untuk siswa kami, Sekoalah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto,  mengirimkan siswa kelas 3 untuk mengikuti lomba ini dan Alhamdulillah juga sudah menyelesaikan kegiatan lomba tersebut dan berhasil mendapatkan juara 1 dan medali emas,” tutur Rifqi.

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Jaringan Sekolah Muhammadiyah GPSM yang telah memiliki komunitas robot dan dilangsungkan rutin dalam setahun sekali di berbagai tempat dengan berbagai rangkaian kegiatan.

“Tujuannya agar menyiapkan sekolah Muhammadiyah bisa lebih unggul, karena kita ingin menyiapkan generasi 4.0 yaitu generasi millennial dan wawasan dalam pendidikan dan teknologi,” katanya.

Menurutnya, dengah hal tersebut dapat menumbuhkan ahli-ahli engineering atau ahli-ahli robotika yang lahir dari Perguruan Muhammadiyah secara umum, terkhusus untuk SD UMP.

“Harapan yang baik, menjadi tonggak, penanda awal kebangkitan robotic di SD UMP mudah-mudahan kedepannya dapat membentuk tim robotic untuk skala perlombaan nasional selanjutnya,” pungkasnya. (fah/tgr)