Tapak Suci National Championship UMY, Ratusan Pesilat Muda Siap Berlaga

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Jenazah Covid-19 Harus Diterima dan Diperlakukan dengan Baik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasien yang meninggal akibat Covid-19 harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik. Menurut Putusan Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pasien Covid-19 yang...

Menumbuhkan Semangat Berbagi di Tengah Wabah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak virus Corona, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan berbagi sembako. Kegiatan ini ditunjukkan...

Bantu Pemerintah, Muhammadiyah Pinrang Bentuk Tim MCCC

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pinrang membentuk tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Tim tersebut dibentuk dalam rangka...

Ikhtiar 35 Rumah Sakit Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawat Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah hampir satu bulan melaksanakan tugas penunjukan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) tempat perawatan pasien Covid-19, secara...

Diskusi Online 9 PCIM: Belajar Penanganan Corona dari Berbagai Negara

TAICHUNG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan menginisiasi web-seminar (Webinar) antar PCIM dari berbagai negara. Webinar ini digelar dalam rangka membahas penanganan...
- Advertisement -

BANTUL, Suara Muhammadiyah – “Tapak Suci National Championship of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019” yang digelar oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) resmi dibuka, Senin (16/12) di Gedung Sportorium UMY. Kejuaraan ini diikuti oleh 298 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci, Drs. M. Afnan Hadikusumo menyebutkan bahwa menjadi seorang pesilat merupakan salah satu bentuk melestarikan budaya asli Tanah Air. Pasalnya tepat pada Kamis (12/12) lalu, Pencak Silat ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh The United Nations Education, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO). Oleh karenanya, selain menjaga kearifan lokal. Kader Tapak Suci juga turut menyebarkan dakwah Muhammadiyah.

“Tanggal 12 kemaren pencak silat telah resmi tercatat sebagai warisan budaya Indonesia. Maka sebagai kita berkewajiban untuk terus mengembangkan dan menjaga keutuhan Tapak Suci. Lalu juga mendakwahkan nilai-nilai Muhammadiyah, karena kita berada di bawah naungan Muhammadiyah, ujarnya saat melakukan sambutan.

Afnan juga menegaskan kepada para pesilat agar tetap menjaga konsistensi dalam berlatih, agar dapat mendulang prestasi sampai pada tingkat tertinggi. Ia juga mengingatkan bahwa untuk memperoleh prestasi yang maksimal diperlukan berbagai hal.

“Menjadi juara tidak lah mudah, perlu berbagai hal untuk mencapai itu. Berlatih yang sungguh, tekun, jiwa sportifitas dan berdoa untuk menjadi juara,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP. IPM, menyebutkan bahwa Tapak Suci menjadi salah satu sarana untuk melakukan pendidikan karakter. Mengutip dari salah satu Ikrar Tapak Suci, Gunawan yakin bahwa mental dan karakter seorang anak dapat menjadi kuat melalui Pencak Silat.

“Dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat, tanpa iman dan akhlak saya menjadi lemah. Dalam Ikrar itu menegaskan bahwa Tapak Suci bukan hanya tentang olahraga. Tetapi juga menyinggung soal pendidikan karakter,” imbuhnya.

Gunawan juga menyampaikan kepada para pelatih dan para pendekar Tapak Suci agar terus memberikan pendidikan akhlak, moral dan karakter.

“Untuk para pelatih, pendekar dan kader Tapak Suci atau pun Muhammadiyah pentingnya iman dan akhlak bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu perlu sekali bagi pendekar untuk terus memperhatikan pendidikan karakter bagi setiap murid,” pungkasnya.

Kejuaraan ini berlangsung pada tanggal 16 sampai 18 Desember 2019 dengan peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Terdapat dua kategori perlombaan yang dipertandingkan, yaitu kategori tanding putera dan puteri serta kategori seni putera dan puteri.

Penyelenggaraan  Tapak Suci National Championship of Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019 dilaksanakan juga sebagai upaya untuk menyambut pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Kota Solo tahun 2019 mendatang.(kukuh/riz)

- Advertisement -

More articles