Hukum Berobat dengan Minyak Ular Piton

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Jenazah Covid-19 Harus Diterima dan Diperlakukan dengan Baik

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasien yang meninggal akibat Covid-19 harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik. Menurut Putusan Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pasien Covid-19 yang...

Menumbuhkan Semangat Berbagi di Tengah Wabah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak virus Corona, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan kegiatan berbagi sembako. Kegiatan ini ditunjukkan...

Bantu Pemerintah, Muhammadiyah Pinrang Bentuk Tim MCCC

PINRANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pinrang membentuk tim Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC). Tim tersebut dibentuk dalam rangka...

Ikhtiar 35 Rumah Sakit Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawat Pasien Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah hampir satu bulan melaksanakan tugas penunjukan Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah (RSMA) tempat perawatan pasien Covid-19, secara...

Diskusi Online 9 PCIM: Belajar Penanganan Corona dari Berbagai Negara

TAICHUNG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Taiwan menginisiasi web-seminar (Webinar) antar PCIM dari berbagai negara. Webinar ini digelar dalam rangka membahas penanganan...
- Advertisement -

Pertanyaan:

Assalamu ‘alaikum wr wb.

Saya bapak Ibrahim Said anggota PCM Serijabo PDM Ogan Ilir Sumsel mau bertanya. Apakah hukum minum Minyak Ular Piton dicampur Madu untuk pengobatan paru-paru? Mohon penjelasannya, terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum wr wb.

(disidangkan pada hari Jum’at, 22 Jumadilawal 1436 H / 13 Maret 2015)

Jawaban:

Wa ‘alaikumussalam wr wb. Terima kasih atas pertanyaan yang saudara ajukan. Ular piton termasuk kategori binatang buas yang berbahaya bagi manusia. Dalam buku Tanya Jawab Agama jilid 1 cetakan ke-7 halaman 158, telah dijelaskan bahwa Nabi Muhammad saw melarang umatnya mengkonsumsi binatang buas, baik daging maupun minyaknya, tak terkecuali ular piton. Hal ini berdasarkan Hadits,

1

Dari Abu Hurairah, dari Nabi saw (diriwayatkan bahwa) beliau bersabda: Segala binatang yang memiliki taring dari binatang buas, haram memakannya (HR Muslim no. 1933).

Sedangkan madu merupakan cairan yang dihasilkan oleh lebah, cairan ini menurut pakar ilmiah mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh dan dapat menjadi obat segala macam penyakit. Mengenai khasiat madu sebagai obat, selain medis telah mengakuinya, Al-Qur’an juga menyebutkan keistimewaannya dalam surat An-Nahl [16] ayat 69,

2

Kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhan-Mu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.

Mengkonsumsi minyak ular piton adalah haram sedangkan mengkonsumsi madu adalah halal. Menggabungkan antara sesuatu yang haram dan halal, tidak serta merta dapat mengubah hukumnya menjadi halal, akan tetapi dimenangkan yang haram. Berdasarkan kaidah fikih,

3

Apabila berkumpul antara yang halal dan haram pada saat yang bersamaan, maka dimenangkan yang haram.

4

Menolak mafsadah (kerusakan) didahulukan daripada meraih maslahat.

Mengenai tujuan mengkonsumsi minyak ular piton yang dicampur madu sebagai upaya pengobatan, maka hukumnya tetap haram. Kecuali jika dalam keadaan darurat, yakni suatu keadaan yang akan mengancam terhadap keselamatan jiwa seseorang dan menurut para ahli di bidang pengobatan belum ditemukan sama sekali obat yang halal dan efektif menyembuhkan penyakit tersebut. Dalam keadaan darurat seperti itu, berobat dengan sesuatu yang haram boleh dilakukan. Dalam kaidah fikih disebutkan,

5

Keadaan darurat membolehkan sesuatu yang dilarang.

Namun kebolehan ini hanya sekedar yang diperlukan, sebagaimana kaidah fikih yang menyatakan,

6

Apa yang dibolehkan karena keadaan darurat, diukur sekadar kedaruratannya.

Yang menyatakan kebolehan dan keefektifan obat tersebut adalah para ahli di bidangnya, yaitu dokter yang berkompeten, berdasarkan Hadits Nabi saw,

7

Apabila urusan diserahkan kepada bukan ahlinya maka tunggulah saat kehancurannya (HR al-Bukhari no. 59).

Sebagai kesimpulan, hukum asal berobat dengan mengkonsumsi minyak ular piton di campur madu adalah haram, tetapi dibolehkan ketika dalam keadaan darurat dan yang menyatakan kebolehannya serta keefektifannya adalah dokter yang kompeten.

Wallahu a’lam bish-shawab

Rubrik Tanya Jawab Agama Diasuh Divisi Fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Artikel ini pernah dimuat di Majalah SM Edisi 19 Tahun 2015

- Advertisement -

More articles