Mengantar Kepergian Buya Yunahar
Berita

Ribuan Jamaah Shalat dan Antarkan Jenazah Buya Yunahar ke Pemakaman Karangkajen

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ribuan jamaah mengantarkan jenazah Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Buya Yunahar Ilyas menuju Pemakaman Karangkajen, Yogyakarta, Jumat (3/1).

Sebelumnya Almarhum disemayamkan di Gedung PP Muhammadiyah Yogyakarta Jl Cik Di Tiro dan kemudian disemayamkan di Masjid Gedhe Kauman bakda shalat Jum’at. Dalam pantauan Suara Muhammadiyah tampak Masjid Gedhe Kauman sangat pada oleh jamaah dan pelayat hingga halaman pun penuh.

Hadir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi, serta keluarga besar Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi hingga Direktur SM Deni Asy’ari.

Jamaah Masjid Gedhe Kauman, Jum'at 3 Januari 2020 Dok Iki Tabah
Jamaah Masjid Gedhe Kauman, Jum’at 3 Januari 2020 Dok Iki Tabah

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menyampaikan bahwa kepergian Buya Yunahar merupakan duka bagi Muhammadiyah, umat Islam dan bangsa Indonesia. “Ustadz Yunahar dan kita semua tentu menjadi saksi bahwa beliau adalah sosok ulama yang langka, yang ilmu keislamannya mendalam dan luas, terlebih lagi ilmu tafsirnya,” kata Haedar.

Buya Yunahar Ilyas merupakan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selain itu beliau juga adalah Ketua Dewan Redaksi Suara Muhammadiyah serta Ketua Badan Pembinan Harian (BPH) Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Buya Yunahar Ilyas wafat pada Kamis, 2 Januari pukul 23.47 di RS Sarjito Yogyakarta setelah menjalani perawatan yang intensif akibat sakit yang dideritanya. Semoga Buya Yunahar Ilyas Khusnul Khatimah. (Riz)