29 C
Yogyakarta
Kamis, Agustus 13, 2020

IMM Malang Raya Kaji Dakwah Kultural dalam Novel

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Pengabdian, Dosen Manajemen UMY dan Warga Bausasran Adakan Penghijauan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sempitnya lahan tidak menyurutkan keinginan warga RW 11 Bausasran Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta untuk menghijaukan wilayahnya.

Asah Kreativitas, PMM UMM Ajari Anak-Anak Seni Kolase

BLITAR, Suara Muhammadiyah - Kelompok Pengabdian Mahasiswa untuk Masyarakat (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan pengabidan masyarakat dengan mengajari anak-anak membuat kolase. Kegiatan...

Dosen FEB UMY Latih Jamaah Pengajian Membuat Kain Shibori

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pengabdian masyarakat merupakan salah satu bentuk kewajiban dalam Catur Dharma Perguruan Tinggi. Disamping itu pengabdian masyarakat di era...

Semua Siswa Dapat, SMK Mutu Tegal Bagikan Perdana Plus Kuota untuk PJJ

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bentuk pelayanan selama diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa covid 19. SMK MUTU Tegal berikan kartu perdana...

Islam, Alam, dan Tugas Manusia

Alam akan membawa manfaat dan berkah bagi manusia, manakala telah melaksanakan tugasnya terhadap alam, yakni mengembalikan alam ke jalan yang benar. Yakni...
- Advertisement -

MALANG, Suara Muhammadiyah-PC IMM Malang Raya mengadakan sesi presentasi hasil riset dengan judul “Dakwah Kultural Muhammadiyah dalam Novel  Tenggelamnnya Kapal Van Der Wijck karya Buya Hamka dan Khotbah di Atas Bukit karya Kuntowijoyo” yang diteliti oleh Shofhal Jamil, Kader IMM UIN Malang. Kegiatan ini berlangsung Sabtu, 11 Januari 2020. Bertempat di Gazebo Literasi, Dau, Malang.

Acara ini merupakan tindak lanjut dari program School of Research (SCORE) yang dimotori oleh bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan (RPK) IMM Malang Raya sejak 2019 lalu.

Menurut Ode Rizki Prabtama, program ini merupakan upaya aktivis muda Muhammadiyah dalam rangka menciptakan budaya riset di tengah aktivisme IMM.

“Kami menyadari bahwa, budaya penelitian di ruang organisasi mahasiswa, termasuk IMM masih sangat kurang. Oleh karena itu kami mengadakan SCORE ini. Sesi presentasi hasil riset ini merupakan tahap ke tiga dari yang sebelumnya ada Kemah Riset selama tiga hari, kemudian penelitian dan penulisan di lapangan selama kurang lebih enam bulan. Seteh ini dipresentasikan, teman-teman peneliti akan mendapat banyak masukan dari audiens dan penulisannya akan disempurnakan hingga ke depan barangkali layak terbit d jurnal ilmiah,” imbuh Kabid RPK tersebut.

WhatsApp Image 2020-01-13 at 13.35.20

Di samping itu, alasan Jamil mengangkat judul penelitian ini adalah untuk mengungkap pesan-pesan dakwah islam dalam dua karya sastra tokoh Muhammadiyah yakni Buya Hamka dan Kuntowijoyo.

Jamil menuturkan, “penelitian ini menjadi penting karena ingin mengatakan kepada masyarakat bahwa dalam dua novel tersebut ada pesan-pesan dakwah Islam yang harus bisa ditangkap oleh para pembaca terutama anak muda”.

Akhir pekan ini akan ada presentasi hasil riset berikutnya dari salah satu teman Jamil, peserta SCORE. Topik riset yang akan dipresentasikan berikutnya yaitu tentang Upaya Muhammadiyah dan NU dalam hal mengurangi kerusakan lingkungan hidup di Indonesia. (Ode)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles