Dok SMPUnggulan Aisyiyah Bantul
Dok SMPUnggulan Aisyiyah Bantul
Berita

Ribuan Pelajar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Bantul Manasik Haji

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Guru Mata Pelajaran al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (MGMP Ismuba) Kabupaten Bantul mengadakan Manasik Haji untuk Siswa/wi SMP/MTs Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Bantul, Sabtu, 11 Januari 2020. Kegiatan ini sebagai syiar dakwah Amal Usaha Muhammadiyah bidang pendidikan.

Manasik Haji merupakan salah satu intrumen penilaian ujian praktek dalam mata pelajaran fiqih, kegiatan yang diikuti oleh sekitar 1300-an pelajar Muhammadiyah dari 21 SMP/MTs Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kabupaten Bantul ini berjalan dengan lancar. Tahun ini kegiatan manasik haji dimulai dari masjid agung manunggal Bantul dan finish di lapangan Paseban

Kegiatan dihadiri oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Majelis Dikdasmen) PWM DI. Yogyakarta, Ketua PDM Bantul, Kasi Kemenag Kabupaten Bantul, dan Majelis Dikdasmen Kabupaten Bantul.

Sedangkan Muhammad Tahrir, SE, MM selaku KASI PAIS Kemenag Kabupaten Bantul menyampaikan sangat mendukung dengan kegiatan ini.

Dalam sambutannya Dr Sumedi, MA selaku perwakilan dari Majelis Dikdasmen PWM DIY berpesan agar dalam pelaksanaan manasik haji ini dilaksanakan dengan khusyu’ karena manasik haji ini sebagai latihan dalam pelaksanaan ibadah haji maka harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

Ketua PDM Bantul Drs Sahari berpesan agar seluruh pelajar Muhammadiyah di Bantul mampu menunjukkan ciri khas pelajar Muhammadiyah yaitu memiliki akhlak mulia. Sahari berharap semoga dari belajar manasik ini suatu saat Allah kabulkan untuk bisa melaksanakan ibadah haji yang sesungguhnya. (Syahrul/Riz)