obrolan_cendekia
IMG_1873
Berita

PSN 3M Plus: Gerakan Berantas Sarang Nyamuk Ala Mahasiswa UMY

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Memasuki musim hujan, Kelompok KKN 018 UMY lakukan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Gerakan PSN 3M Plus dilakukan di dusun Proketen, Trimurti, Srandakan, Bantul, Gerakan ini bertujuan untuk meminimalkan penyebaran virus yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

PSN 3M Plus adalah sebuah gerakan pemberantasan sarang nyamuk dengan cara menguras, menutup, dan menyingkirkan atau mendaur ulang barang-barang bekas yang dapat dijadikan tempat perkembangbiakkan nyamuk. Gerakan ini disamput antusias oleh warga, karena di musim hujan seperti ini banyak sekali wabah penyakit musiman, salah satunya adalah demam berdarah.

Setelah melakukan gerakan ini ketua kelompok KKN 018 yaitu Ozan menyarankan kepada para warga minimal satu kali dalam seminggu untuk menguras tempat penampungan air.

“Tidak cukup hanya dengan menguras, tapi juga perlu untuk menyikat tempat-tempat penyimpanan air, dikarenakan telur nyamuk juga dapat menempel pada dinding-dinding tempat penampungan air,” turur Ozan, Kamis (23/1).

Salah satu warga Prokerten yang juga salah satu ketua RT di dusun tersebut yaitu Banu sangat mendukung. Karena dengan kegiatan ini diharapkan secara mandiri masyarakat sadar untuk membersihkan lingungan rumahnya masing-masing sehingga tercipta lingkungan dusun yang bersih dan sehat.(Riz)