Manfaatkan Waktu Liburan, PERSADA Bekali Santri dengan Keterampilan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah– Memanfaatkan waktu liburan semester, Pesantren Mahasiswa KH Ahmad Dahlan (PERSADA) mengadakan kegiatan pelatihan. Kegiatan yang berlangsung dalam dua hari tersebut ditujukan bagi mahasiswa (santri) yang tidak pulang ke kampung halaman.

Bagi santriwati, materi yang diajarkan ialah Pelatihan Buket atau merangkai bunga, Sabtu (1/2). Pemateri dalam pelatihan buket tersebut ialah Kak Susi yang merupakan owner dari @fiora.id, salah satu olshop di Instagram yang berfokus pada buket berbahan dasar kain flanel. Adapun bagi santriwan materi yang diberikan meliputi pelatihan Sablon Kaos, Ahad (2/2). Pelatihan tersebut diisi oleh tim dari Ekatex Jogja, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi kaos, seragam, dan berbagai produk sablonase lainnya.

Pelatihan buket diikuti oleh 24 santriwati dan bertempat di Musholla, Gedung Persada Putri. Dalam kegiatan tersebut, peserta terlihat sangat antusias dengan mengikuti arahan dari Kak Susi selaku narasumber. Mereka dibagi menjadi lima kelompok untuk membuat bunga, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Hasil karya tersebut kemudian disatukan dan dirangkai menjadi Buket yang indah.

Pelatihan sablon dilaksanakan di ruang aula Persada putra, diikuti oleh 20 santri dan pengurus. Beberapa peserta terlibat langsung dalam menyablon kaos yang mereka bawa sendiri. Narasumber Adi juga memberikan materi tentang perhitungan bisnis jasa penyablonan, mulai dari pemilihan bahan hingga proses produksi. Menurut mudir Persada KH. Thantawi, pelatihan tersebut diharapkan dapat melatih hardskill, kerjasama tim, juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri. (A.L.Z/DF)