Tingkatkan Kualitas Mubalighat, Majelis Tabligh ‘Aisyiyah Sumbar Adakan Lomba Ceramah

PADANG, Suara Muhammadiyah – Tingkatkan kualitas Mubaligah, Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah menggelar Lomba Ceramah Agama Mubalighat Aisyiyah tingkat wilayah Sumbar, di Aula PW Aisyiyah Sumbar, Ahad, (2/2/2020).

Ketua Panitia, Darmias, menyampaikan lomba pidato ini diikuti 27 Pimpinan Daerah Aisyiyah se-Sumbar. “Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kompetensi mubaligah Aisyiyah sesuai dengan perkembangan zaman dan menindak lanjuti,” katanya.

Sebagai Dewan juri Dr Irta Sulastri Msi selaku Dosen Fakultas Dakwah Ilmu Komunikasi UIN IB Padang sekaligus Majelis Tabligh PWA Sumbar, Firdaus Dekan FAI UMSB dan Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sumbar Dasrizal Dahlan.

Ada sejumlah tema yang diberikan kepada peserta dalam lomba pidato ini. Meliputi “Peran dakwah Aisyiyah dan Muhammadiyah”, “Rumah tangga sakinah”, “Peran Dakwah Aisyiyah”, serta “Peran Perempuan Berkemajuan Dalam Politik yang Sehat”.

Sedangkan kriteria penilaian meliputi ekspresi, penampilan, materi, akurasi waktu, dan artikulasi.

Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumbar, Abrilyus menyampaikan, Aisyiyah sebagai organisasi perempuan yang tersebar di seluruh penjuru tanah air bahkan mancanegara memiliki komitmen yang tinggi dalam melakukan pencerahan dan pemberdayaan umat. “Aisyiyah berkomitmen melakukan pencerahan dan pemberdayaan di tengah umat,” tuturnya.

Katanya, mubaligah Aisyiyah adalah penggerak dakwah organisasi yang mencerahkan, sehingga ber-fastabiqul khairaat untuk berlomba pidato adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kompetensi.

Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Sumbar, mengatakan, lomba terselenggara sebagai wujud dari program nasional Aisyiyah di tingkat daerah sebagai tindak lanjut dari TOT mubalighot beberapa waktu silam untuk menggembleng para calon mubalighot Aisyiyah.

“Acara ini adalah tindak lanjut dari program nasional Aisyiyah untuk menggembleng para calon mubalighot Aisyiyah,” kata Yulintidar

Dia menambahkan, lomba tersebut juga bertujuan untuk menggali keilmuan dan ketrampilan di kalangan mubalighot Aisyiyah. Menurutnya, kemampuan para mubalighot perlu untuk diadu agar diantara mereka tercipta nuansa terus mengembangkan diri dan kualitas sehingga Muhammadiyah tidak akan kekurangan mubalighot yang berkualitas.

“Ini juga bertujuan untuk menggali keilmuan dan keterampilan kalangan mubalighot Aisyiyah sehingga kita selalu punya para pendakwah yang berkualitas,” imbuhnya.

Pemenang dari lomba tersebut akan mewakili Aisyiyah Sumbar untuk berlomba pidato di PP Aisyiyah. “Ini pemenang akan mewakili Sumbar,” ujarnya. (RI)