Haedar Nashir Salut dengan Kiprah Muhammadiyah Lumajang

Penandatanganan Prasasti peresmian Rumah Sakit Muhammadiyah Lumajang Dok PP Muh

LUMAJANG, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir salut atas kiprah dan semangat Muhammadiyah Lumajang. “Senyap tapi bergelora, itu lah Muhammadiyah Lumajang,” tutur Haedar Nashir saat meresmikan Rumah Sakit Muhammadiyah dan 12 Amal Usaha Muhammadiyah  lainnya di Lumajang, Sabtu (8/2).

Dalam sambutannya Haedar mengungkapkan bahwa kerja-kerja yang dilakukan Muhammadiyah Lumajang merupakan kerja senyap.

Menurutnya dengan kehadiran Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di Lumajang diharapkan dapat memperkuat islam sebagai agama perbuatan, yakni agama yang mewujudkan dalam tindakan nyata yang membawa kemaslahatan hidup umat manusia.

“Dalam pandangan KH Ahmad Dahlan, islam bukan hanya agama yang dihapal,  tapi juga harus digerakkan dalam menghadirkan islam sebagai agama perbuatan yang membawa kemaslahatan, menghadirkan islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin,” imbuh Haedar.

Islam hadir harus menebar kebaikan bagi seluruh umat, hadirnya Muhammadiyah meniru Rasullah dalam menghadirkan Islam yang membangun peradaban.

“Nabi selama puluhan tahun di Mekkah dan Madinah membangun peradaban maju, dan Muhammadiyah turut mempraktekkan itu,” jelas Haedar.

Kedua belas AUM yang diresmikan diantaranya, gedung SMK Muhammadiyah Lumajang, gedung dakwah Muhammadiyah Lumajang, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Lumajang, Panti Asuhan Al Ikhlas Muhammadiyah Tempeh, Panti Asuhan Arsiah Pulo, Panti Asuhan Muhammadiyah Pasirian.

Kemudian, Poliklinik Siti Umamah Kudus Klakah, Mushala Al Huda Tempeh, Masjid Al Iman Umbul Kedungjajang, Masjid Al Umar Bin Khotob Sidorejo, Islamic Center Khoriyah Khouz Wonorejo, dan PP Tahfidz Darul Quran Yosowilangun.(ppmuh/riz)