Versi UniRank dan Webometrics, UM Metro Kampus Terbaik di Lampung

Kampus UM Metro Dok SM

METRO, Suara Muhammadiyah – Dua pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yaitu Unirank (4ICU University Ranking) dan Webometrics, pada edisi pemeringkatan tahun 2020 menobatkan Universitas Muhammadiyah Metro sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Lampung.

Unirank dalam edisi Februari 2020, sekurangnya merilis 570 ranking perguruan tinggi di Indonesia.

Sedangkan Universitas Muhammadiyah Metro (UM Metro) pada tahun 2020 menempati urutan 83 perguruan tinggi terpopuler di Indonesia. Sekaligus menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Lampung dan Kopertis (Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta) wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung).

Sementara di tingkat Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia, UM Metro berada di peringkat ke-9 dari 167 PTMA yang ada saat ini.

Berbeda dengan Unirank, dalam lingkaran seratus perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Webomatrics edisi Januari 2020 merilis UM Metro berada di peringkat ke-62 dari 2390 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam perankingan, naik 10 peringkat dari perankingan Juli 2019, silam.

Sekaligus, Webometrics juga mencatat UM Metro berada dalam 4 (empat) besar Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia.

Mendengar hal ini, Rektor Universitas Muhammadiyah Metro Drs Jazim Ahmad, MPd, turut merasa bangga. Ia mengaku capaian yang diraih UM Metro tentunya berkat kerja keras semua civitas akademika.

“Alhamdulillah tentunya ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, pimpinan, dosen, staf karyawan, mahasiswa, alumni UM Metro dan para stakeholder. Semoga ini menjadi pemicu untuk terus bekerja keras bagi kemajuan UM Metro dan Persyarikatan Muhammadiyah,” ucapnya.

Kriteria Pemeringkatan

Universitas apa yang paling populer di Indonesia? uniRank mencoba menjawab pertanyaan ini dengan menerbitkan Peringkat 571 Universitas Indonesia Indonesia pada tahun 2020.

Kriteria pemeringkatan yang dipakai uniRank adalah pertama, Perguruan Tinggi dilisensi atau diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kedua, dilansir 4icu.org.id pendidikan tinggi di Indonesia menyelenggarakan setidaknya Program sarjana empat tahun (sarjana) atau pascasarjana (magister atau doktoral). Memberikan kursus-kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka atau non-jarak jauh.

Ketiga, UniRank melakukan perankingan melalui matric website universitas. Dengan demikian, UniRank merekomendasikan Perguruan Tinggi di Indonesia memiliki website yang valid, menggunakan domain yang kridibel atau tidak menggunakan domain blogspot, wordpress dan website universitas tidak kadaluarsa.

Peringkat Universitas Muhammadiyah Metro versi UniRank

  • Peringkat 83 dari 570 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia
  • Peringkat 9 dari 167 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Indonesia.
  • Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Lampung dan Kopertis Wilayah II (Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung).

Peringkat Universitas Muhammadiyah Metro versi Webometrics

  • Peringkat 62 dari 2390 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia
  • Peringkat 4 dari 167 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) di Indonesia
  • Peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Lampung dan Kopertis Wilayah II (Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung)

(barnas/riz)