Langkah Strategis MCCC Kalsel, Bantu Masyarakat hingga Tenaga Medis

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Rektor UNMUHA: PTMA Harus Punya Branding yang Kuat

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Unmuha adalah salah satu perguruan tinggi yang merupakan penyumbang pemikiran pendidikan di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Aceh memproritaskan...

Saatnya Melangkah Berjamaah

Sudah lelah kita berwacana…Sudah lelah kita berdebat……Sudah lelah kita saling bersaing antar sesama…..Sudah lelah kita saling bermain sendiri-sendiri… KINI...

Lima Poin Pernyataan PP Muhammadiyah terkait New Normal

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan pernyataan sikap terkait dengan pemberlakuan New Normal. Berbagai pemberitaan dan pernyataan Pemerintah tentang “new...

Ikhtiar Perangi Corona, MCCC Bersama Warga hingga Lembaga Mitra

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wabah Covid-19 telah membawa dampak luas bagi kehidupan warga tidak hanya di Indonesia namun juga dunia secara umum....

Hukum Anak Melihat Aurat Ibu

Pertanyaan: Saya mau bertanya. Salah satu orang yang dapat melihat aurat perempuan adalah anaknya sendiri. Bagaimana hukum seorang anak...
- Advertisement -

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Covid-19 Comand Center (MCCC) Kalimantan Selatan telah jalankan beberapa program di beberapa daerah di Kalimantan Selatan, sejak Jum’at (03/04).

Setelah dikeluarkan Surat Keputusan (SK) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Selatan Nomor : 04/Kep/Ii.0/D/2020 Tentang : Pembentukan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalimantan Selatan. Tertanggal 30 Maret 2020. MCCC Kalimantan Selatan yang berkedudukan di Banjarmasin.

Berdasarkan SK Tersebut pula menjelaskan MCCC Kalimantan Selatan mempunyai tugas mengkoordinasikan berbagai program penanggulangan pandemi Virus Corona (Covid-19) yang melibatkan potensi dan jejaring Muhammadiyah di Wilayah Kalimantan Selatan.

Untuk Susunan Personalia Sendiri MCCC Kalimantan Selatan diisi oleh relawan Muhammadiyah baik itu yang ada di majelis, lembaga maupun organisasi otonom di tingkat wilayah.

Ketua MCCC Kalimantan Selatan Ginanjaf menyampaikan bahwa setalah mendapatkan informasi bahwa ditetapkannya MCCC Kalimantan Selatan kami langsung mulai berkoordinasi.

“Saat kami mendapat informasi dari PWM Kalimantan Selatan tentang dibentuk dan ditetapkannya susunan personalia MCCC Kalimantan Selatan kami langsung berkoordinasi dan menyusun rencana hingga melaksanakan beberapa program,” ujarnya.

Meldy Sapaan Pria Akrab yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan ini menambahkan untuk awal kami telah melaksanakan beberapa program.
“Di awal ini kami telah melaksanakan program seperti penyemprotan disinfektan, Pembagian Handsanitizer,pemberian masker, pemberian nutrisi untuk tenaga medis di IGD rumah sakit hingga Penyerahan APD berupa helm penutup wajah kepada tenaga medis RS Islam Banjarmasin,” tambahnya.

Secara khusus juga Meldy mengharapkan semoga kegiatan ini membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan corona virus dan menurunkan angka kesakitan di Kalimantan Selatan.

Ditanya Mengenai rencana strategis kedepan dalam penanganan corona virus di Kalimantan Selatan jika terjadi karantina wilayah maka fokus akan berubah kepada ketahan pangan.
“Jika nanti memang ada karantinan wilayah kami telah telah mempersiapkan rencana untuk bersiap mendukung ketahanan pangan terkhusus kepada masyarakat bawah yg terdampak,”imbuhnya.

Ginanjar Sutrisno, Ketua Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kalimantan yang juga sebagai pengarah MCCC Kalimantan Selatan berpesan bahwa agar terus melaporkan gerakannya baik secara tertulis maupun gambar menarik lainnya.
“Karena pergerakan MCCC Kalimantan Selatan ini sudah cukup banyak maka perlu kiranya agar ada laporan aksi seperti infografis biar terlihat menarik,” paparnya.

Ginanjar menambahkan pula untuk divisi nutrisi perlu membantu Suplemen Relawan dilapangan.
“Secara khusus saya berharap dalam divisi nutrisi untuk memberikan suplemen kepada relawan ini cukup penting guna menjaga keseharan relawan,” tambahnya.
Walaupun program MCCC Kalimantan Selatan sekarang berfokus di Banjarmasin namun sebelumnya di beberapa daerah seperti Banjar, Banjarbaru, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan dan lain-lain Relawan Muhammadiyah juga ikut bergerak melakukan penanganan dan pencegahan corona virus di daerahnya masing-masing. (Muhammad Nashir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles

- Advertisement -