108 TAHUN MENGINSPIRASI

Publish

20 October 2023
sm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
446
Dok SM

Dok SM

108 TAHUN MENGINSPIRASI

Banyak pertanyaan tentang kapan Majalah Suara Muhammadiyah terbit untuk pertama kali. Namun kalau kita melihat Suara Muhammadiyah nomor 2 tahun pertama, kita dapat memperkirakan jawaban dari pertanyaan dasar ini.

Suara Muhammadiyah nomor 2 yang masih memakai huruf jawa itu bertarikh Dzulkangidah 1333. Di edisi tersebut juga terdapat keterangan kalau Majalah ini terbit satu bulan satu kali. Dari sini kita dapat memastikan kalau Suara Muhammadiyah nomor pertama terbit pada bulan Syawal 1333.

Merujuk pada tradisi Muhammadiyah tempo doeloe yang sering memanfaatkan hari-hari besar untuk pembagian selebaran/brosur produksinya, kemungkinan besar Suara Muhammadiyah menjumpai pembacanya untuk pertama kali pada momentum Idul Fitri tahun 1333. Oleh karena itu, tanggal 1 Syawal 1333 dapat kita sebut tanggal lahir Majalah Suara Muhammadiyah.

Data astronomis menyebutkan kalau pada saat maghrib tanggal 11 Agustus 1915 matahari tenggelam mendahului bulan dengan selisih waktu beberapa menit. Kalau saat itu Muhammadiyah sudah memakai kaidah hisab ijtimak qablal ghurub ataupun aliran hisab wujudul hilal maka 12 Agustus 1915 dapat disebut hari lahir Suara Muhammadiyah. Namun, kalau saat lihat data astronomis Dzulhijjah 1330 yang kondisinya mirip dengan posisi Syawal 1333 akan tanggal 08 Dzulhijjah dikonversi menjadi tanggal 18 November 1912, tanggal lahir Suara Muhammadiyah dapat disebut pada tanggal 13 Agustus 1915.

Kiai Haji Ahmad Dahlan terlibat langsung dalam pengelolaan Suara Muhammadiyah yang generasi awal ini. Nama pendiri dan ketua pertama Muhammadiyah ini tercantum sebagai medewekers redaktur bersama Raden Ketib Candhan Kauman, Raden Haji Jalal, dan Mas Kaji Muhammad Fakih. Sedangkan jabatan redaktur diamanatkan kepada Haji Fachroodin. Haji Hisam menjadi administratir. Di “box redaksi” ini nama Kiai Haji Dahlan tertulis secara lengkap yaitu: Mas Kaji Dahlan Ketib Amin.

Selengkapnya dapat berlangganan Majalah Suara Muhammadiyah

Klik di sini https://suaramuhammadiyah.or.id/ebook/paket 

Atau, download di Playstore


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Editorial

DAKWAH, SENI, DAN GELANGGANG BERSAMA Kalau kita membuka album foto Muhammadiyah masa lalu, kita pas....

Suara Muhammadiyah

24 January 2024

Editorial

Move On Politik Pemilu 2024 telah selesai dengan aman dan lancar. Hasilnya menunggu dan akan diumum....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Editorial

Muhammadiyah Sebagai Sistem Oleh: Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Muhammadiyah dikenal sebagai orga....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Editorial

IKHTIAR MENYELAMATKAN SEMESTA Apa jadinya jika negara-negara sponsor Hak-hak Asasi Manusia (HAM) du....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Editorial

HIZBUL WATHAN DAN NASIONALISME-PATRIOTIK MUHAMMADIYAH Hizbul Wathan (HW)—organisasi Kepanduan....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah