Apakah Islam Disebarkan dengan Pedang?

Publish

20 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
388
sumber gambar: pixabay.com

sumber gambar: pixabay.com

Oleh: Donny Syofyan

Sejumlah orientalis mengatakan bahwa Islam disebarkan lewat pedang. Gagasan ini menegaskan bahwa pasukan Muslim beralih dari satu tanah ke tanah lain dengan memaksa masyarakat yang ditundukkan menjadi Muslim. Itulah kenapa, hemat mereka, Islam menyebar begitu cepat. Bermula dari kota kecil Makkah, Islam mencapai sebagian besar dunia dengan kecepatan luar biasa. Kita menyaksikan kaum Muslimin membentang di seluruh dunia dengan kecepatan yang dahsyat. Sekali lagi, banyak pihak menuduh bahwa masyarakat yang ditaklukkan dipaksa mengubah keyakinannya kepada Islam. Benarkan hal demikian?

Kita harus membedakan antara dua hal di sini. Satu adalah penyebaran kekhalifahan Islam dan kedua adalah penyebaran Islam sebagai agama atau keyakinan. Sampai batas tertentu, orang-orang mengatakan bahwa kekaisaran Islam berkembang dengan cara-cara yang diperbuat oleh banyak kekaisaran di muka bumi, yang di masa lalu dengan menggunakan kekuatan. Aliansi negara-negara akhirnya lahir setelah pertempuran demi pertempuran berujung dengan kebuntuan.

Lewat aliansi ini, kita tahu bahwa daerah ini milik pasukan tertentu dan daerah itu milik pasukan lainnya. Akhirnya terbentuklah negara yang ditandai dengan cara-cara khas seperti ini. Memang sebuah kerajaan berkembang dengan cara-cara tersebut. Pada saat itu Islam bermula dari sekelompok orang yang sangat kecil. Muslim masih sangat sedikit. Mereka harus berjuang untuk membela keberadaan mereka sendiri melawan kelompok lain yang juga hendak menghabisi kaum Muslimin. Lambat laun kaum Muslimin akhirnya menjadi kelompok tangguh yang mampu berkembang. Dalam konteks ini, sah-sah saja bila ada yang menyebut bahwa kekhalifahan Islam meluas layaknya kerajaan-kerajaan konvensional tumbuh dan berkembang.

Namun di sisi lain juga tidak benar untuk mengatakan bahwa Islam tersebar sebagai agama lewat pedang. Jika Anda ingin mengatakan bahwa kuasa pemerintahan menyebabkan tersebarnya agama, orang mungkin mengatakan bahwa wilayah Kristen (Christendom) ditopang oleh fakta bahwa Konstantin menjadi penguasa Roma. Dengan memeluk Kristen, dia menjadikan Kristen sebagai agama resmi dan lewat kekuasaan Konstantin maka ajaran Kristen menyebar. Tapi bukan seperti itu orang memandang Kristen sebagai agama. Ada semacam ‘panggilan’ tertentu di sini, sebuah daya tarik keimanan.

Hal yang sama juga berlaku dengan Islam dengan daya tarik keimanannya tersendiri. Ini mendorong orang-orang memeluknya. Lazimnya ketika penguasa menganut agama tertentu, dia akan menjadikan agama yang dianutnya sebagai agama resmi negara. Ini menciptakan kenyamanan bagi masyarakat untuk memeluknya. Setidaknya warga bakal bebas dari rasa takut ketika beribadah. Artinya, masyarakat menjadi nyaman ketika berkeyakinan sesuai dengan agama resmi negara.

Ketika Islam menjadi agama negara, yang merasa nyaman bukan cuma Muslim tapi semua warganya. Penguasa Muslim membiarkan masyarakatnya berpegang pada tradisi mereka, terlepas dari apa yang terjadi di tingkat negara atau pemerintahan. Saat Islam memerintah India selama 800 tahun, mayoritas masyarakatnya tetap beragama Hindu. Maka Hindu adalah agama mayoritas tetapi Muslim adalah pemimpin negara. Penguasa Muslim di India menjaga bahwa masyarakatnya tetap pada agama leluhur mereka meskipun Islam menjadi kekuatan yang berkuasa. Islam tidak dipaksakan pada masyarakatnya.

Memang kita tidak dapat mengatakan bahwa semua situasi itu ideal, terutama ketika kita berbicara tentang orang-orang di masa lalu dengan sikap tidak Islami di kalangan sementara Muslim. Tetapi secara umum apa yang diajarkan Islam bahwa jika Islam masuk ke suatu wilayah, maka  tidak paksaan bagi masyarakat menjadi Muslim. Non-Muslim harus diperlakukan dengan segala rasa hormat dan penuh martabat.

Bahkan ketika Nabi Muhammad SAW menjadi pemimpin di Arab setelah bertahun-tahun berjuang dan melawan pasukan musuh, akhirnya beliau memberikan ampunan kepada orang-orang yang menentangnya atau musuh-musuhnya. Nabi SAW memberikan perlindungan yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada orang-orang Yahudi dan Nashrani yang tinggal di daerah itu. Dalam Konstitusi Madinah yang disusun oleh Nabi Muhammad, ada jaminan bahwa orang Yahudi dan Kristen juga akan memiliki akses ke kantor-kantor para pejabat tinggi umat Islam.

Indonesia, sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar, juga tidak dibentuk lewat kedatangan bala tentara Muslim ke Nusantara. Para pedagang Muslim pergi ke Nusantara dan masyarakat terkesan dengan akhlak dan prilaku mereka. Itu mendorong masyarakat memutuskan bahwa Islam adalah agama yang tepat bagi mereka. Mereka memeluk Islam.

Beberapa pengamat mengatakan tidak ekonomis menjadi non-Muslim sehingga mereka pindah menjadi Muslim. Kenapa? Karena ada pajak berbeda yang dikenakan pada mereka saat dulu bukan Muslim. Jadi ada kekuatan negara melalui perangkat ekonomi untuk mencoba merubah keyakinan massa non-Muslim menjadi Muslim. Sebetulnya, ada sikap berbeda terhadap jizyah atau pajak ini. Tetapi secara keseluruhan, pajak merupakan alternatif dari zakat di kalangan Muslim. Zakat ini tak ubahnya semacam pajak di mana Muslim diharuskan mengeluarannya sebagai bagian dari keimanannya untuk amal. Uang zakat ini akan masuk ke perbendaharaan negara. Para pejabat Muslim mengumpulkan zakat dari warga negaranya yang Muslim.

Pajak dikumpulkan seperti halnya zakat dipungut. Non-Muslim tidak dipaksa untuk menjadi bagian dari sistem zakat ini karena zakat merupakan bagian dari kewajiban umat Islam. Non-Muslim tidak membayar zakat, tetapi pajak atau jizyah. Sebagai imbalannya mereka mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, sistem militer melindungi semua warga negara. Seorang Muslim akan direkrut ke menjadi tentara untuk pergi berperang guna melindungi seluruh negara Muslim, termasuk Muslim dan warga negara non-Muslim. Dengan membayar pajak, non-Muslim bebas dari kewajiban untuk masuk tentara. Banyak non Muslim menganggap ini sebagai anugerah. Mereka tidak harus mengambil risiko dengan berada di garis depan pertempuran untuk melindungi seluruh warga negara, baik Muslim maupun non-Muslim.

Sebagai kesimpulan, kita dapat mengatakan dengan tegas bahwa mayoritas kekhalifahan Islam tidak menyebarkan Islam melalui pedang. Tidak ada yang dipaksa menjadi Muslim. Menjadi non-Muslim tidak lantas beresiko hanya karena mereka tidak menjadi Muslim. Orang-orang memeluk Islam karena mereka menganggap Islam menarik sebagai sebuah keyakinan. Ini bahkan masih terjadi hari ini di Kanada, Amerika Serikat atau Eropa. Padahal menjadi Muslim mengundang bahaya di sana. Lihatlah bagaimana Muslim di Barat dipandang rendah, dituduh dan dicurigai. Namun orang-orang tetap saja memilih Islam karena mereka menemukan hal-hal logis dan rasional dalam agama ini.

Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Refleksi 58 Tahun Kokam Oleh: Rumini Zulfikar Setiap tanggal 1 Oktober, kita sebagai warga negara ....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Wawasan

Puasa Bukan Hukuman, Tapi Jalan Kebahagiaan Menuju Tuhan Oleh: Donny Syofyan, Dosen Fakultas Ilmu B....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Wawasan

Pemuda dan Kejayaan Islam: Refleksi Hari Sumpah Pemuda Oleh: Muhammad Fitriani  Hampir satu a....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Wawasan

Persatuan Bangsa Sebagai Modal Pembangunan menuju Bangsa Berkemajuan  Oleh: Tito Yuwono,&....

Suara Muhammadiyah

18 February 2024

Wawasan

Gaza: Di Manakah Pertolongan Allah? Oleh: Donny Syofyan Kita melihat banyak kematian dan kehancura....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah