Bahagia Bersama 'Aisyiyah

Publish

14 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
471
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Bahagia Bersama 'Aisyiyah

Oleh: Amalia Irfani, LPPA PWA Kalbar

Bahagia merupakan keinginan atau tujuan hidup banyak insan. Ada yang bahagia lahir dari hati nurani sebab kesyukuran atas nikmat Tuhan dengan tidak menjadikan ketiadaan  sebagai alasan kekufuran atau merasa bahwa Allah SWT tidak adil. Ada pula bahagia dengan menciptakan emosi dibalik ketidakpastian hati agar terlihat bahagia. Dua bentuk yang mungkin sama menjadikan jiwa sumringah, tetapi esensi dan kualitasnya jelas berbeda.

Menurut KBBI kebahagiaan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan kesenangan, ketentraman hidup secara lahir dan batin yang maknanya adalah untuk meningkatkan visi diri. Visi diri tersebut tentu saja tidak serta merta hadir dan mengisi relung hati insan tanpa dipayungi Iman dan Ihsan, dan sejatinya hal tersebut pembeda nilai hidup yang direalisasikan dalam aktifitas keseharian.

Bagi hamba Allah bernama perempuan apalagi yang telah bergelar istri dan ibu, aktifitas keseharian merupakan bentuk kebermanfaatan, tanda kesyukuran serta kedewasaan yang didapat melalui sekelumit proses dan banyak rintangan. Mengapa demikian?, karena tidak mudah bagi perempuan dapat aktif diluar rumah, meninggalkan anak sesaat, melupakan kerepotan rumah tangga yang tidak pernah habis-habisnya, apalagi tanpa ada dukungan motivasi dari keluarga khususnya suami. Suami adalah support sistem terbaik bagi istri.

Dalam diskusi penulis dengan beberapa perempuan yang telah lama aktif berorganisasi, mengatakan  bahwa suami adalah motivator untuk istri agar tidak bimbang meninggalkan rumah. Suami pengertian akan membuat anak ikut memahami aktifitas keseharian ibunya, dan kelak akan menjadi contoh hidup mendatang. Para perempuan tangguh tersebut menyepakati saat suami sebagai leader rumah tangga memberikan porsi aktualisasi diri bagi istri agar tidak jenuh dan mencari ruang bahagia positif dengan memilih aktif berorganisasi, maka banyak ide, inovasi, dan ilmu pengetahuan yang didapat istri. Hal tersebut adalah vitamin baik bagi anak-anak, keluarga dan lingkungan.

Bahagia Bersama 'Aisyiyah

Perempuan cerdas adalah perempuan yang dapat menasehati dirinya disaat kekalutan peran. Perempuan yang tidak mudah putus asa dan menyalahkan keadaan. Perempuan  cermat, berusaha untuk dapat menjadikan anak keturunannya sukses tidak hanya didunia tetapi juga diakhirat.

Nasehat tersebut penulis dapat saat menyimak pemaparan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah, M. Kes pada kegiatan konsolidasi dan koordinasi Pimpinan Wilayah 'Aisyiyah Kalimantan Barat, Sabtu 13 Januari 2024 di aula kampus Polita Pontianak.

Sebagai pimpinan tertinggi organisasi perempuan dengan mainstream  berkemajuan, Bu Bayin berhasil memberikan suntikan semangat kepada kader 'Aisyiyah Kalimantan Barat yang hadir secara daring dan luring.

Menurutnya ber'Aisyiyah harus  penuh semangat, harus bahagia, dengan menjadikan segala aktivitas sebagai rekreasi. Jangan pernah mengeluh dengan ketiadaan, jangan malu karena dianggap remeh orang lain. "Ber'Aisyiyah tidak boleh bilang tidak ada waktu, uang dan tenaga", tegasnya.

Dengan bahasa sederhana Bu Bayin mengingatkan sekaligus memotivasi perempuan Berkemajuan Kalimantan Barat agar tidak henti melakukan gerakan perubahan yang berbungkus dakwah kemasyarakatan. Semua kegiatan yang dilaksanakan adalah syiar untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya (MIYS). Dakwah 'Aisyiyah melalui amal usaha bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi tidak hanya untuk profit saja, tetapi bertujuan untuk mencetak generasi berkualitas.

Perempuan 'Aisyiyah juga harus melek media, cerdas digital untuk mewartakan seluruh kegiatan membahagiakan diri dan bermanfaat untuk orang lain. Maka agar hal tersebut dapat terlaksana penting bagi seluruh kader memahami posisi 'Aisyiyah sebagai organisasi Islam, organisasi pencerahan dan perempuan berkemajuan, yang tidak berhenti melakukan amr maruf nahi munkar.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Humaniora

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -Di balik sorot matahari yang tak kenal ampun, keluarga PT Syarikat C....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Humaniora

Hajjah Hamdah: Perempuan Pengerak Berkemajuan Kalimantan Barat Oleh: Dr. Amalia Irfani, M. Si, LPPA....

Suara Muhammadiyah

7 April 2024

Humaniora

Presiden (tak) Lumrah Oleh Ahsan Jamet Hamidi, Ketua Pimpinan Ranting Muhammadiyah Legoso, Tangeran....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Humaniora

Kekerasan di Pesantren dan Peran Strategis Menteri Agama Oleh: Abd Aziz, Advokat, Legal Consultant,....

Suara Muhammadiyah

26 April 2024

Humaniora

Cerpen Erwito Wibowo Sore menjelang petang. Cakrawala tidak kelihatan, nampak tertimbun deretan per....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah