Berkhidmat dengan Ikhlas

Publish

26 November 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
229
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pengajian selapanan Pengurus Cabang Muhammadiyah Purwokerto Selatan yang diselenggarakan di Gedung Dakwah Muhammadiyah Banyumas mengundang pemateri Dr.H.M.Hisbul Muflihin,M.Pd. Tema pengajian kali ini adalah Meneguhkan Peran Ranting Dalam Mencerahkan Ummat. Pengajian ini diselenggarakan pada tanggal 12 Jumadil Awal 1445 bertepatan dengan 26 November 2023.

Ust.Hisbul menyampaikan bahwa banyak manusia menginginkan hidup dengan usia panjang, bahkan ada lagu yang menuliskan ingin hidup seribu tahun lagi. Keinginan tersebut secara logika tidak mungkin, tetapi bagi Allah tidak ada hal yang tidak mungkin. 

Hidup diusia menua dibutuhkan kesadaran untuk berkumpul dengan orang-orang positif agar selalu berpikir positif. Dengan cara seperti itu sama dengan menjaga usia agar bisa menua dengan kondisi tetap bahagia. Salah satu cara menjaga silaturahmi tersebut diantaranya berkhidmat di Muhammadiyah atau Aisyiyah, karena bisa saling mendoakan antar sesama. 

Makna berkhidmat adalah mengabdikan diri dengan kemampuan diri yang dimiliki. Mengabdi disini adalah berserah diri kepada Allâh. Hal ini sebagai upaya untuk mengambil pelajaran dan meneguhkan hati dalam menjaga silaturahmi dan hubungan organisasi.  Berhkhidmat dengan ikhlas akan menenangkan jiwa. Oleh karena itu BERKHIDMAT dalam organisasi harus dijalankan dan diniati dengan hati yang ikhlas. Dengan demikian kita akan memberikan banyak manfaat bagi orang lain.

Dalam memperjuangkan perkembangan persyarikatan dibutuhkan orang-orang yang mampu mengembangkan atau menyumbangkan tenaga dan pikirannya,bahkan haranya untuk berkhidmat. Salah satu cara misalnya dengan “ngopeni” guru-guru yang mengabdi pada sekolah yang dimiliki oleh Muhammadiyah agar penghasilan yang diperoleh para guru paling tidak tidak bisa menghidupi dirinya dengan memanfaatkan donasi para dermawan untuk memajukan dunia pendidikan di persyarikatan.(Eka-PCM Pursel)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DELI SERDANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah tiada henti mengabdi dan be....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah – Badan Pembina Harian Universitas Muhammadiyah Riau (BPH Umri) ....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Nonformal giatkan ....

Suara Muhammadiyah

19 November 2023

Berita

Penanganan Pengungsi Rohingya dan Kemanusiaan Oleh: Sudarnoto Abdul Hakim Keadaan dan nasib pengun....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tanggal 29 Maret 2024, Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insan....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah