Bersyukur Menjadi Bagian Penting dari Persyarikatan

Publish

25 March 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sayuti MPd., MEd., PhD

Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sayuti MPd., MEd., PhD

MALANG, Suara Muhammadiyah - Dalam Pengajian Pimpinan Persyarikatan di Theatre Dome Universitas Muhammadiyah Malang, Senin (25/3), Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah Muhammad Sayuti MPd., MEd., PhD mengajak untuk bersyukur karena telah menjadi bagian Persyarikatan. Sebab, keberadaannya telah lebih dari 115 tahun (secara hijriah) hadir dalam membangun umat Islam Indonesia. Tidak ada tanda-tanda Muhammadiyah lelah beramal saleh.

“Patut disyukuri berbagai capaian Muhammadiyah di usianya yang 115 tahun (secara hijriah) luar biasa. Bahkan Robert W Hefner, biasanya tukang kritik Muhammadiyah, juga mulai memuji Muhammadiyah. ‘Muhammadiyah adalah satu-satunya contoh di dunia ini sebagai contoh paling sukses modernisasi pendidikan Islam di dunia’”, katanya.

Namun dibalik itu, Sayuti mengingatkan masih banyak tatangan internal dan eksternal yang tidak ringan. Termasuk dalam mempertahankan vitalitas (daur hidup organisasi) dan memenangkan kompetisi dengan gerakan-gerakan baru. 

“Maka, bapak-ibu harus terus mempertahankan agar organisasi dan AUM yang sudah 115 tahun ini agar bisa bertahan dengan kuat. Persyarikatan harus sehat, efektif, efisien meskipun telah menjadi organisasi yang sangat besar,” jelasnya.

Kuncinya diperlukan strategi baru, kultur baru, cara-cara baru yang inovatif agar organisasi non-profit ini (perjuangan amal saleh) dan AUM terus lestari sampai akhir zaman. Sebab, Muhammadiyah punya 172 Perguruan Tinggi, termasuk Aisyiyah, sekolah/madrasah 5345, RS 126, 300 klinik, dan pesantren 440.

“Dibalik angka-angka ini, ada jutaan orang, ada perjuangan, jihad lahir batin, kerja sama, keikhlasan, ujian, cobaan, kesalehan, kedermanawanan, persistensi, keistikamahan, reputasi, amanah, mutu, tata kelola, sistem, kepercayaan, profesionalitas, air mata dan ratusan atribut lainnya. Saya mengajak untuk merenungkan ini bahwa Allah memilih kita tempat bekerja yang baik, institusi yang baik, dan organisasi yang baik,” katanya.

Manifestasi kesyukuran itu, menurut Sayuti, dipancarkan, khususnya dalam konteks pendidikan, karena lembaga pendidikan di Muhammadiyah memiliki misi dakwah dan kaderisasi. Selain itu juga menjadi tempat beramal saleh. Lebih lanjut, keberadaan PTM sebagai proyek strategis untuk mewujudkan Islam Berkemajuan.

“Kita bersyukur bahwa 115 tahun Muhammadiyah sudah luar biasa. Capaian-capaiannya juga berkembang sangat pesat. Tapi jangan lupa kita harus mawas diri bahwa PR dan tantangan kita juga masih banyak. Ini yang perlu diperhatikan bersama,” timapalnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KENDAL, Suara Muhammadiyah - PDM Kendal mengharapkan eksistensi Pimda Tapak Suci Kendal semakin....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

KLATEN, Suara Muhammadiyah – MPKU bekerjasama dengna Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah dan....

Suara Muhammadiyah

26 July 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi ....

Suara Muhammadiyah

1 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Liga 3 Nasional musim ini akan segera diselenggarakan. Khusus ....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam suasana penuh berkah Ramadhan, Bulog Muhammadiyah (BulogMu) h....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah