Cegah Intoleransi Menuju Era Keadaban Digital

Publish

28 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
254
Keadaban Digital

Keadaban Digital

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Hotel Grandian Guci (26/10) dilaksanakan pelatihan dalam rangka mengintegrasikan etika digital dan pencegahan intoleransi di lingkungan Muhammadiyah. Kegiatan tersebut merupakan langkah penting dalam Gerakan Revolusi Mental dan Etika Digital yang diagendakan oleh Muhammadiyah bekerjasama dengan KEMENKO PMK untuk membangun kesadaran dan sikap yang positif dalam penggunaan teknologi digital. 

Tim fasilitator yang terdiri dari perwakilan Kementerian PMK dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah berperan sebagai mentor dan narasumber dalam pelatihan ini. Mereka menyampaikan pengetahuan mendalam dan pengalaman yang berharga dalam isu-isu intoleransi, serta etika digital yang kini semakin relevan dalam masyarakat. 

Peserta pelatihan berasal dari berbagai unsur dalam lingkungan Muhammadiyah, termasuk Kepala Sekolah Muhammadiyah, pengurus Pondok Pesantren, dan Majelis Pustaka Informasi. 

Dalam dua hari pelatihan, para peserta mendiskusikan isu-isu penting seperti keadaban digital, penanggulangan intoleransi, serta strategi pencegahan melalui pendekatan yang holistik. 

Sebagai Keynote Speech, Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengungkapkan, pelatihan adalah bukti nyata komitmen Muhammadiyah dalam mendidik dan mengedukasi anggotanya tentang tata nilai digital yang baik, serta menjaga keberagaman dan toleransi dalam berinteraksi di dunia nyata dan maya. 

Para peserta pelatihan terlibat aktif dalam berbagai diskusi kelompok, studi kasus, dan permainan peran yang dirancang untuk mendorong pemahaman mendalam tentang isu-isu tersebut. Peserta juga memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan solusi praktis yang dapat diimplementasikan di lingkungan masing-masing. 

Kegiatan ini berakhir dengan kesepakatan bersama untuk terus menerapkan nilai-nilai yang mereka pelajari dalam praktik sehari-hari, baik dalam penggunaan teknologi digital maupun dalam memperkuat toleransi dan kerukunan antarumat beragama. 

Pelatihan Pencegahan Intoleransi dan Keadaban Digital ini diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam membangun masyarakat yang lebih bermartabat, beretika, dan penuh toleransi di era digital. Pelatihan ini diakhiri dengan mengikrarkan semboyan para peserta yaitu "Berita Hoax Berhenti di Kita, Toleransi Mulai Dari Kita. (alvin/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggaraka....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Nazhif Azka Fadlillah mahasiswa program studi Teknik Informatika....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah -  Pesantren Modern Muhammadiyah Kwala Madu angkatan ke 14 merayakan ....

Suara Muhammadiyah

16 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pelatihan Layanan Dukungan Psiksosial (LDP) oleh Muhammadiyah Disas....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program kolaborasi antara Unismuh Makassar dan Politeknik Singapura, ....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah