Dakwah Wisata, Muhammadiyah Gorontalo Akan Bangun Musholla di Dionumo

Publish

16 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
369
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GORONTALO, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Gorontalo menggelar wisata dakwah ke 34 di  Objek Wisata Pulau Dionumo,  yang terletak di Desa Deme 2 , Kecamatan Sumalata Timur , Kabupaten Gorontalo Utara, Ahad (15/10/2023). 

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Gorut Thariq Modanggu dan didampingi Pimpinan Wilayah  Muhammadiyah Gorontalo.

Penanggung jawab acara  Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Gorontalo, Dr. H. Rommy Bau, S.Ag., M.Pd.I., mengatakan bahwa pihaknya mendatangkan keluarga besar Muhammadiyah selain berwisata juga untuk bakti sosial seperti pembagian sembako dan pakaian layak pakai.

 "Kegiatan Dakwah Wisata merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun pada bulan Rabiul Awal. Adapun rangkaian kegiatan yang kita laksanakan ada peletakan Batu Pertama  Musholla, Pembagian 350 paket sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis juga dakwah," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua PWM Gorontalo Dr. Sabara Karim Ngou dalam sambutannya mengatakan Insha Allah hasil pembayaran tiket ke Diyonumo, setengahnya akan  disumbangkan untuk pembangunan Mushollah. Ia juga berterimakasih atas partisipasi yang telah hadir ia berharap kegiatan ini akan berdampak masyarakat sekitar sini. 

"Kami mendukung program pemerintah dalam membangun wisata halal, saat ini memang sudah ada Musholla kayu yang di Bangun oleh Mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah UMGO beberapa tahun lalu namun karena kapasitas terbatas maka kami berniat untuk membantu pemerintah dimana tetap akan diprakasai oleh Mahasiswa KKD UMGO tahun 2023. Saya pribadi sebagai orang Sumalata saya akan memberikan sumbangan 10 sak semen dan meminta langsung kepada Rektor UMGO untuk belum menarik mahasiswa KKD sebelum mushollah selesai," tandasnya. 

Usai mengumumkan sumbangsi yang akan diberikan Ketua PWM Gorontalo, Bupati Gorut juga tergerak untuk menyumbangkan 50 sak semen, diikuti Rektor UMGO 20 sak semen, bantuak sak semen dari Fakultas Ilmu Sosial dan LP3M, serta bantuan uang sebesar 1 juta rupiah dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka 3 UMGO. 

Bupati Gorut Thariq Modanggu, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga dan simpatisan Muhammadiyah yang telah melaksanakan wisata Dakwah di Objek wisata Pulau Dionumo. Wisata dakwah ini menurut Thariq dapat memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat yang berada disekitarnya.

“Kedatangan bapak dan ibu di objek wisata Pulau Dionumo telah memberikan nilai positif bagi masyarakat,khususnya masyarakat Kecamatan Sumalata. Terhitung sudah tiga kali Dakwah Wisata dilaksanakan di Gorontalo Utara, ada keharuan dan kebanggan saya berhadapan dengan guru-guru dan senior saya di Muhammadiyah ditengah kesibukan dan agenda yang padat saya sudah memperisiapkan diri untuk datang kesini, karena saya harus memprioritaskan Dakwah Wisata apalagi dilaksanakan di Gorut," akuinya. 

Ia juga mengatakan menjadi Bupati dapat melakukan Dakwah Revolusioner dimana bukan hanya kata-kata yang bermanfaat tetapi tanda tangan juga, ketika ia menjabat Bupati ia meminta harus ada perbup zakat.

"Saya ingin memberikan contoh menjadi Bupati bisa juga berdakwah, ini diperlukan untuk keadilan dan Kemajuan Bangsa saya ingin memberikan contoh kepada masyarakat menjadi bupati juga bisa berdakwah.  Pada kesempatan ini juga saya akan nembantu pembangunan mushollah dengan memberikan 50 sak semen dan sebentar bisa dijemput," ucapnya. 

Lanjut Thariq, ia mengatakan penamaan  dakwah wisata sudah sangat tepat, karena kalau kata Wisata di awal orang-orang hanya fokus pada wisatanya lalu dakwahnya dilupakan semoga kegiatan ini selain untuk meraih Rahmat Allah Swt., bisa 
untuk me-recharge kembali semangat kita dalam beraktivitas setiap hari karena disuguhukan dengan pemandangan alam yang indah di Pulau Dionumo. 

"Dan untuk lazismu saya meminta agar didaftarkan muzakki saya ingin menjadi bagian dari dakwah Muhammadiyah, untuk pembangunan Mushollah kami berhap bisa diselesaikan, Mushollah yang ada saat ini juga adalah karya mahasiswa UMGO yang saya sendiri meresmikan ini. Mewakili pemerintah daerah kami mengucapkan terima kasih kepada PWM dan panitia yang mempercayakan kami menjadi tuan rumah dan menjadikan lahan ini sebagai tempat dakwah dari Muhammadiyah," tuturnya. 

Ia mengaku siap untuk mensupport dan membantu kegiatan-kegiatan yang dikembangkan Muhammadiyah, kami mensupport pendirian lembaga pendidikan untuk mendukung pembangunan SDM di Gorontalo Utara lebih baik lagi apa lagi dengan akan hadirnya Fakultas Kedokteran di UMGO.
 
"Terima kasih juga telah membantu kami mengembangkan wisata halal. Mudah-mudahan apa yang dikerjakan Muhammadiyah terus mendapatkan ridho Allah SWT., Semoga kegiatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat sekitar sini dan seluruh warga Muhammadiyah yang hadir di tempat ini," tutupnya. 

Untuk diketahui, kegiatan  dakwah wisata yang juga dihadiri Bupati Gorut Thariq Modanggu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhamadiyah Provinsi Gorontalo Sabara Karim Ngou dan jajaran, Rektor UMGO, Prof. Abd. Kadim Masaong,Ketua Pimpinan Daerah Mubammadiyah (PDM) Kota Gorontalo, Dr. H. Rommy Bau, S.Ag., M.Pd.I., Penceramah Dakwah Wisata  Dr. Munkizul Umam Kau, M. Phil, Pimpinan dan warga Muhammadiyah, para tamu undangan dan pengunjung wisata Pulau Dionumo.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TANAHLAUT, Suara Muhammadiyah – Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  b....

Suara Muhammadiyah

24 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Weni Hastuti kembali dilantik menjadi rektor Institut Teknologi Sain....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah – Divisi Muhammadiyah Children Center (MCC) MPKS PWM bersama Forum ....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Gedung Graha PGRI Sukoharjo menjadi saksi terselenggaranya seb....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Koperasi Simpan Pimpinan dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul M....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah