Deklarasi Forum Rektor PTMA, Siap Memperkuat Pendidikan hingga Demokrasi

Publish

21 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
323
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) resmi diluncurkan dan dideklarasikan di Aula Kasman Singodimedjo, FISIP Universitas Muhammadiyah Jakarta pada Kamis, 21 Desember 2023. Forum ini merupakan wadah bagi akademisi dan pimpinan dari kampus PTMA yang berjumlah 173 kampus di seluruh Indonesia.

Pembentukkan Forum Rektor PTMA diawali dari pertemuan beberapa rektor PTMA pada 8 September 2023 di kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), diantaranya Rektor UMY, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Rektor Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Rektor Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), dan beberapa rektor PTMA lain.

Pertemuan di Yogyakarta itu diperkuat dengan pertemuan lain di Samarinda. Setelah itu konsolidasi nasional dilakukan lagi untuk mengadakan pertemuan lanjutan untuk membahas pengawasan Pemilu 2024. Kemudian, rapat terbatas Setelah itu, ada rapat terbatas dihadiri oleh 6 rektor di UAD, yang dihadiri oleh Rektor UMY, UMJ, UAD, UMS, UM Kalimantan Timur, dan UNISA Yogyakarta untuk membahas finalisasi pengurus Forum Rektor PTMA.

Ketua Forum Rektor PTMA, Prof. Dr. Ir. Gunawan Budianto, M.P. IPM., ASEAN. Eng yang juga Rektor UMY menyampaikan dalam sambutan di pertemuan awal sebelum peluncuran, menegaskan bahwa PTMA seluruh Indonesia harus mengambil tindakan untuk menciptakan pembangungan demokrasi termasuk Pemilu 2024 yang jujur dan adil.

“Seperti amalan Muhammadiyah, yakni amar ma'ruf nahi munkar. Yang kita tidak hanya menyerukannya, tetapi juga harus ikut bertindak. Seperti yang tertuang dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 110,” ungkap Gunawan.

Sekretaris Forum Rektor PTMA sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta, Prof. Dr. Ma’mun Murod, M.Si, menegaskan bahwa Forum ini dibentuk untuk menjadi kekuatan yang dapat didayagunakan untuk melakukan kerja-kerja kemaslahatan, termasuk menyikapi banyak hal, tentunya di bidang pendidikan dan bidang lainnya.

“Sebagai kaum akademisi terdidik yang independen, Forum Rektor ini akan lebih bisa didengar dan menjadi tempat untuk melakukan kerja-kerja kultural di Muhammadiyah, yang harus sejalan dengan PP Muhammadiyah dan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah,” ungkapnya.

Sejarah Singkat Forum Rektor PTMA

Berdirinya Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA) diinisiasi oleh beberapa rektor PTMA. Bermula dari komunikasi terbatas antar rektor dari beberapa PTMA. Selanjutnya melalui pertemuan tanggal 8 September 2023 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, rencana pendirian Forum Rektor PTMA lebih dimatangkan lagi. Pertemuan ini dihadiri oleh Ketua PP. Muhammadiyah yang membidangi masalah pendidikan Prof. Dr. Irwan Akib, M.Pd., Rektor Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Gunawan Budiyarto, Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof. Dr. Sofyan Anif, Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof. Dr. Ma’mun Murod Al[1]Barbasy, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Prof. Agussani, Rektor Universitas Ahmad Dahlan Prof. Dr. Muchlas, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Jazuli, dan beberapa wakil rektor yang hadir mewakili rektor PTMA-nya.

Pada pertemuan ini dibahas selain terkait pendirian Forum Rektor, juga dibahas terkait maksud dan tujuan pendirian Forum Rektor PTMA, di antaranya untuk membantu kerja-kerja PP Muhammadiyah dan Majelis Dikti Litbang PP. Muhammadiyah, melakukan menguatan dan percepatan memajukan PTMA yang berjumlah sebanyak 173, dan menyikapi berbagai persoalan kebangsaan dan kemasyarakatan, terutama yang berhubungan dengan masalah pendidikan.

Pada pertemuaan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) tanggal 17-18 September 2023 sempat juga dibahas, meski tidak secara khusus, terkait pendirian Forum Rektor PTMA. Baru pada pertemuan di Universitas Aisyiyah (UNISA) di Yogyakarta tanggal 17 November 2023, dalam rangkaian kegiatan Konsolidasi Nasional yang diselengarakan oleh PP Muhammadiayah, dibahas lebih detail terkait Forum Rektor PTMA. Pertemuan ini dihadiri oleh hampir semua rektor yang diundang oleh PP Muhammadiyah untuk menghadiri Konsolidasi Nasional tersebut. Pada pertemuan ini bukan hanya dibahas tentang Forum Rektor PTMA, tapi juga dibincang terkait komposisi pengurus Forum Rektor PTMA, program-program Forum Rektor PTMA, termasuk dalam menyikapi perhelatan politik lima tahun: Pileg dan Pilpres 2024.

Pada pertemuan terbatas, tanggal 7 Desember 2023 bertempat di Universitas Ahmad Dahlan, yang dihadiri enam rektor: UMY, UMJ, UAD, UNISA, UMS, dan UMKT dibahas final kepengurusan Forum Rektor PTMA, dan telah mendapat persetujuan Majelis Dikti Litbang melalui SK Nomor 0306/KEP/I.3/D/2023. (riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah — Lazismu Jawa Tengah saat ini tengah menjalani proses audit keua....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Wakil Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Prof H. Abdul Qadi....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

Gelar Manasik Haji TK ABA Se-Bandung dan Cimahi BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Aisyi....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Di tengah kompleksitas problematika tata kelola organisasi atau perus....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Musholla Al Maqbul Dadapan meriahkan momen peringatan Nuzulul Qu....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah