Delegasi 63 Kampus Ikuti Program Mahasiswa Merdeka di UNMUHA

Publish

15 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
220
Delegasi 63 Kampus Ikuti Program Mahasiswa Merdeka di UNMUHA

Delegasi 63 Kampus Ikuti Program Mahasiswa Merdeka di UNMUHA

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) mengadakan acara penyambutan para mahasiswa yang tergabung dalam Program Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke-3 yang berlangsung di Aula UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Batoh, pada Senin, 14 September 2023.

Acara penyambutan ini dihadiri oleh Ketua LLDikti Wilayah XIII, Rektor Unmuha, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Ketua BPH, Para Dekan, dan Direktur Pascasarjana di Lingkungan Unmuha. Turut hadir juga mahasiswa peserta PMM angkatan ke-3 tahun 2023 dan tamu undangan lainnya.

Wakil Rektor 1 Unmuha, Dr. Fadlullah melaporkan bahwa pada tahun ini terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang diterima. Unmuha menerima 109 mahasiswa dari 63 perguruan tinggi yang berasal dari luar pulau Sumatera.

"Para mahasiswa tiba secara bertahap pada tanggal 8 September 2023, yang secara keseluruhan berjumlah 109 mahasiswa dari 63 perguruan tinggi di luar pulau Sumatera. Sebagian mahasiswa ditempatkan di beberapa asrama Unmuha dan sebagian lagi di rumah sewa yang berada di sekitar Kampus Unmuha," kata Fadlullah.

Ia juga menyampaikan bahwa mahasiswa PMM ini akan menempuh pendidikan selama 1 semester di Unmuha. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti modul nusantara guna mengenal budaya hingga sejarah Aceh.

Kepala Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIII Aceh yang diwakili oleh Drs. M. Najib, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Program PMM ini merupakan program yang sangat baik untuk para mahasiswa dalam menyambut generasi emas di tahun 2045 nanti. Mahasiswa yang lulus dari program ini merupakan mahasiswa terpilih dari seluruh mahasiswa di Indonesia.

“Melalui program ini, para mahasiswa akan mendapatkan pembelajaran nilai ke-Bhinneka, terutama di Aceh yang dikenal dengan nama daerah Serambi Mekkah. Kami berharap para mahasiswa akan serius mengikuti program ini, di mana nantinya akan mendapatkan 20 SKS, yang sudah menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujar M. Najib.

Sementara itu, Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur, M.A mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa Inbound PMM Angkatan ke-3 Tahun 2023. Rektor mengatakan bahwa kehadiran mahasiswa PMM ini telah dinantikan sejak 3 bulan yang lalu sejak dibukanya pendaftaran. Ia menyampaikan bahwa pada tahun ini Unmuha mendapatkan kuota sebanyak 200 mahasiswa dan mendaftar mencapai 800 orang mahasiswa untuk mengikuti PMM di Unmuha.

“Setelah melewati berbagai macam seleksi yang dilakukan oleh Kemendikbud Ristek, terpilihlah 111 mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan di Unmuha, dan kemudian berkurang menjadi 109 mahasiswa. Maka untuk itu kami mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa Inbound PMM Angkatan ketiga tahun 2023 di Unmuha, kehadiran kalian telah kami nantikan sejak 3 bulan yang lalu,” ucap Aslam Nur.

Kami berharap para mahasiswa dapat memahami perbedaan budaya, bahasa, dan sejarah di Aceh. Kami juga berharap bahwa mahasiswa PMM yang berkuliah di Unmuha akan memiliki ekspektasi yang lebih baik di masa depan. (MA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Baru-baru ini, Universitas Muhammadiyah malang (UMM) menerima kunjungan....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Cipayung menyelenggarakan Rapat Kerja (Ra....

Suara Muhammadiyah

5 February 2024

Berita

Buya Irwandi Nashir Jadi Khatib di Masjid Ihsan Sungai Pinago PAYAKUMBUH, Suara Muhammadiyah - Umat....

Suara Muhammadiyah

11 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Di periode abad kedua, peran-peran kebangsaan 'Aisyiyah harus terus....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan p....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah