Dihadiri 30 Negara, UM Pontianak Kembali Raih Hibah ERASMUS Staff Exchange ke Eropa

Publish

6 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
113
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GRANADA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Pontianak Kembali mendapatkan grand Erasmus plus Staff Exchange ke Eropa. Ufi Ruhama’ adalah dosen sekaligus kepala Kantor Urusan Internasional, peraih hibah fully funded tersebut di Universidad de Granada dan Universidad de Huelva, Spanyol. Program ini dimulai pada tanggal 15-19 April 2024 di Granada dan dilanjutkan pada tanggal 22-26 april di Huelva, Spain.

Hibah Erasmus KA171 ini diperuntukkan bagi dosen atau karyawan. Mengikuti jejak dan arahan rector UM Pontianak, Dr.Doddy Irawan, S.T, M.Eng, Sang penerima hibah, Ufi mengaku pengajuan berkas hibah ini sudah ia dilampirkan sejak tahun 2021 silam dan ternyata baru mendapat panggilan di tahun 2024 ini. Universidad de Granada sebagai kampus terbesar di Kota Granada menyelenggarakan Staff Training Week (STW). Program ini diikuti oleh 30 negara dengan 62 peserta.

Ufi merupakan satu satunya peserta yang berasal dari Indonesia. STW yang dilaksanakan selama 5 hari ini dengan agenda workshop, pengenalan budaya, internasionalisasi serta pengenalan Bahasa spanyol dan study tour. Selain itu beberapa peserta diminta untuk memperkenalkan serta mempresentasikan kampus serta budaya di negara mereka masing-masing. Ufi dalam hal ini memperkenalkan budaya serta mempresentasikan UM Pontianak  dihadapan peserta dari berbagai negara dunia.

Perjalanan yang ditempuh lebih dari dua puluh jam ke kota Granada, Spanyol ini memberikan banyak sekali pengalaman serta ilmu yang sangat bermanfaat. Narasumber yang dihadirkan juga sangat luar biasa. Dalam pertemuan dengan beberapa fakultas dan Kantor Urusan Internasional di Granada, Ufi membuka dan mencari peluang Kerjasama yang dapat bermanfaat bagi kedua belah fihak.

Lebih dari itu, networking yang dijalin dengan berbagai kampus dunia dapat memperkaya pengetahuan serta jejaring dalam rangka memperluas internasionalisasi kampus. Sertifikat kehadiran juga diberikan kepada semua peserta dan beberapa dokumen berita acara yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan akreditasi tentunya.  

Universidad de Huelva

Dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Pontianak menjadi awardee dalam hibah Erasmus plus Staff Exchange 2024 ke Universidad de Huelva, Spanyol. Ufi Ruhama’ dan Ryani Yulian yang menjadi peserta dari Asia. Kegiatan dilaksanakan selama lima hari ini terhitung tanggal 22-26 April 2024. 

Staff Exchange Program KA171 merupakan staff mobility yang berfokus pada mobilisasi staf dan dosen untuk meningkatkan kualitas di Perguruan Tinggi. Program ini tentunya memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi Ufi dan Ryani dalam tatanan internasionalisasi. Program yang diselenggarakan selama lima hari di Huelva ini menyuguhkan pelatihan Bahasa spanyol, Focus Group Discussion, Diseminasi hasil penelitian serta study tour. Peserta juga melakukan presentasi terkait budaya dimana mereka berasal. 

Pengembangan relasi juga sangat bermakna dalam networking. Lebih dari 70 Negara yang berpartisipasi dalam event internasional ini yang keseluruhan pembiayaan adalah bersumber dari Uni Eropa. Ufi, dosen FIKES yang sekaligus sebagai kepala Kantor Urusan Internasional UM Pontianak mengucap Syukur atas kesempatan yang telah diberikan dengan pengalaman berharga yang dapat memberikan kontribusi positif bagi internasionalisasi kampus.

Demikian juga Ryani, dosen FEB mengaku bangga dapat menjadi salah satu peserta beruntung dalam event internasional ini. Diakhir sesi, ada pemberian cinderamata dan penandatanganan dokumen dan berita acara antara Universidad de Huelva dan Universitas Muhammadiyah Pontianak. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Untuk terus merawat keberlanjutan spirit dakwah dan tajdid perempua....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Gerakan kekebalan siswa meningkat. Hal ini berdasarkan surat dari K....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka ikut serta merayakan Milad Muhammadiyah ke-111, P....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah DKI Jakarta gelar Pembukaan Pendi....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

BANJARNEGARA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah melalui Induk Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) menga....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah