Forum AIK PTMA Apresiasi UMP sebagai Tuan Rumah yang Luar Biasa

Publish

30 October 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
188
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Pimpinan Bidang Al Islam Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah tahun 2023. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 27-29 Oktober 2023, di Ballroom Kamandaka Aston Hotel Purwokerto.

Rektor UMP Assoc Prof Dr Jebul Suroso melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan, Drs. Ikhsan Mujahid, M.Si, menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi bagi para peserta Rakornas Bidang AIK.

“Selamat datang di Universitas Muhammadiyah Purwokerto untuk mengikuti Rakornas Forum Pimpinan Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Kami berkomitmen untuk menyelenggarakan acara ini dengan sukses dan berkontribusi dalam pembahasan penting tentang muatan AIK multikultural dan multidisiplin di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah,” ungkapnya..

Lebih lanjut, ia juga mengajak berbagai pihak untuk menjalin kerjasama yang kuat dan menciptakan gagasan inovatif yang dapat mengembangkan AIK sehingga relevan dengan tuntutan zaman dan keberagaman Masyarakat.

“AIK memiliki peran strategis dalam membangun karakter berkemajuan seluruh civitas akademika PTMA, kami berkomitmen untuk terus memperkuat AIK sebagai etos gerakan yang mendorong peningkatan mutu karakter dan kontribusi positif pada Masyarakat, dan kami percaya bahwa tema yang dijadikan pada Rakornas kali ini akan menjadi fokus penting dalam pembahasan AIK PTMA yang dapat memberikan dampak positif,” jelasnya.

Menurutnya, berjalannya berbagai acara persyarikatan merupakan sebuah bukti nyata bahwa UMP siap menjadi Rumah Persyarikatan yang terbuka akan kolaborasi dan inovasi.

“UMP telah mendeklarasikan diri sebagai rumah persyarikatan, terbukti dari berbagai acara persyarikatan telah berhasil diselenggarakan di UMP. Ketika kami ditawari untuk menyelenggarakan kegiatan persyarikatan kami tidak pernah menolak, dan alhamdulillah berdasarkan data dari PP Muhammadiyah, UMP merupakan Perguruan Tinggi yang paling sering berkolaborasi dengan persyarikatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Forum AIK PTMA, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si menyampaikan apresiasi kepada UMP selaku penyelenggara kegiatan dapat memfasilitasi dan mengakomodir kebutuhan dari seluruh peserta.

“Acara Forum Pimpinan AIK dilaksanakan di Purwokerto dikarenakan agar kita bisa belajar kepada UMP karena ada banyak capaian-capaian yang telah diraih UMP. Kita pun juga mesti belajar pada UMP tentang bagaimana menjadi tuan rumah yang baik bagi persyarikatan Muhammadiyah, sekali lagi apresiasi dan terimakasih sebesar besarnya kita sampaikan kepada UMP yang sudah menjadi host dan melayani secara luar biasa,” ungkap Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si.

Ketua Majelis Diklitbang PP Muhammadiyah yakni Prof. Dr. H. Achmad Jainuri, M.A., Ph.D. berharap melalui forum yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto ini akan memperjelas implementasi dari AIK di lapangan sebagai rujukan. 

Amanat Ketua PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A, menyampaikan urgensi pemahaman AIK ini menjadi hal yang mutlak untuk seluruh tenaga pengajar di PTMA, sehingga konsep multidisipliner dapat diterapkan dengan maksimal.

“AIK bukanlah sebuah hal yang menjadi tugas Tunggal dari dosen pengajar AIK, melainkan setiap dosen yang mengajar di PTMA mesti mampu mengajar AIK dan mengintegrasikannya dengan materi yang diajarkan, Maka dari itu kami berharap melalui forum ini dapat mengembangkan AIK Multidisipliner dengan konsep bahwa semua dosen PTMA adalah dosen AIK sesuai dengan bidangnya masing masing,” pungkasnya. (znf/tgr)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Asrama Haji Yogyakarta,  Jln. Ringroad Utara No.1....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - TIM Kreativitas Mahasiswa Kewairausahaan (PKM-K) Universitas Muhammadiyah....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Prestasi membanggakan diraih oleh dua Perguruan Tinggi Muhammad....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Menyongsong tahun baru 2024, gerak capat di lakukan oleh manajemen Ba....

Suara Muhammadiyah

6 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan p....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah