Gandeng PA Medan, Fahum UMSU Adakan Klinis Hukum dan Peradilan Semu

Publish

10 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan kegiatan Pembekalan Klinis Hukum dan Peradilan Semu Tahun 2023-2024 di Auditorium Kampus Utama UMSU, Jl Kapten Mukhtar Basri, Medan, Selasa (9/1/2024).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP ini menghadirkan pemateri Ketua Pengadilan Agama (PA) Medan, Dr Muslim SH MA.

Kegiatan yang ini juga dirangkai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MOA) antara Dekan Fakultas Hukum UMSU dan Ketua PA Medan.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr Faisal SH MHum, WD I Dr Zainuddin SH MH, WD III Atikah Rahmi SH MH, Jajaran Kepala Bagian, Pengurus Laboratorium FH UMSU, para dosen dan mahasiswa-mahasiswa peserta Pembekalan Klinis Hukum dan Peradilan Semu.

Rektor UMSU, Prof Dr Agussani MAP adalam arahan dan bimbingannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Klinis Hukum dan Peradilan Semu Fakultas Hukum UMSU Tahun 2024.

“Tentunya kegiatan ini terlaksana dengan perencanaan yang matang. Ini merupakan bentuk dari kemampuan manajemen akademik yang ditunjukkan pimpinan Fakultas Hukum UMSU.

Lebih lanjut Prof Agussani menyampaikan, bahwa kehadiran Ketua PA Medan merupakan sejarah baru bagi UMSU, karena secara historis hubungan UMSU dan pengadilan Agama tidak bisa dipisahkan.

“Dahulu, UMSU, khususnya Fakultas Hukum (S1) dan Magister Ilmu Hukum (S2) itu kekuatannya ditopang oleh Pengadilan Agama. Inilah yang membuat recognize terhadap UMSU bisa berjalan dan berkembang hingga hari ini.

“Kita punya catatan, ada beberapa tokoh dari Pengadilan Agama yang memiliki kontribusi besar dalam perjalanan Fakultas Hukum UMSU dan Magister Ilmu Hukum UMSU. Misalnya Prof Dr H Abdul Manan SIP MHum, Ketua PA Medan tahun 2001 yang juga dikukuhkan menjadi Guru Besar Fakultas Hukum UMSU. Kemudian Prof Dr Drs H Amran Suadi SH MHum MM, Ketua PA Medan yang pernah menjadi staf pengajar di Magister Ilmu Humum UMSU,”tutur Prof Agussani.

“Karena ikatan emosional sejarah inilah, maka MoA FH UMSU dan PA Medan yang baru ditandatangani tadi sudah sangat tepat, dan mudah-mudahan bisa realisasikan dalam bentuk program-program yang konkrit yang bermanfaat buat kita semua,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Hukum UMSU Dr Faisal SH MHum dalam laporannya menyampaikan, bahwa dalam kurikulum FH UMSU itu di Semester XIII ada mata kuliah “Klinis Hukum dan Peradilan Semu”.

“Jadi acara hari ini adalah mengantarkan adik-adik mahasiswa untuk mengikuti kuliah Klinis Hukum dan Peradilan Semu, tapi lebih kepada praktik,”ujar Faisal.

Dr Faisal menjelaskan, Klinis adalah kegiatan melakukan observasi di pengadilan pada semua tingkat pengadilan negara, kecuali peradilan militer. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan Peradilan Semu di kampus sebagai wadah untuk mengimplementasikan apa yang sudah didapat saat observasi di pengadilan, apakan ilmu pengetahuan yang didapat di bangku kuliah selaras dan relevan dengan proses-proses penerapan hukum di pengadilan.

“Jadi adik-adik nanti dalam peradilan semu adalah implementasi dari teori yang dapat di bangku kuliah, kemudian observasi di pengadilan adik-adiklah yang menerapkannya. Tentu yang diterapkan adalah yang sesuai dengan Hukum Acaranya,”kata Dr Faisal.

Oleh karena itu, Dr Faisal berpesan agar seluruh mahasiswa mengikuti kegiatan pendadaran ini dengan serius, karena nanti akan menjadi bekal untuk mengikuti klinis observasi di pengadilan dan kegiatan peradilan semu.

Dr Faisal juga melaporkan kegiatan Klinis dan Peradilan Semu ini melibatkan 16 dosen pendamping, yang semuanya murni direkrut dari alumni Fakultas Hukum UMSU yang bukan dosen.

Ïni sesuai dengan arahan Pak Rektor tentang perlunya pengkaderan dan regenerasi. Jadi adik-adik alumni FH UMSU yang rata-rata S2 sekarang banyak beraktivitas di luar sebagai lawyer, jadi mereka semua kita libatkan dalam kegiatan ini. Dengan harapan kelak mereka berkenan bergabung untuk memperkuat FH UMSU sebagai dosen. Kalupun tidak, setidaknya mereka akan mentransformasi ilmu dan pengalaman mereka di luar demi kemajuan Fakultas Hukum,” tutur Faisal.

Dalam sesi penyampaian materi yang dipandu Ismail Koto SH MH, Ketua PA Medan Dr Muslim SH MA banyak menyampaikan informasi seputar aktivitas dan mekanisme yang berlaku di Pengadilan Agama.

Kegiatan berlangsung sangat interaktif, dimana banyak mahaiswa yang mengajukan pertanyaan dan dijawab dengan lugas oleh Ketua PA Medan.

Usai kegiatan, didampingi Rektor UMSU Prof Agussani MAP dan Dekan FH UMSU Dr Faisal SH MHum, Ketua PA Medan berkesempatan berkeliling melihat suasana kampus utama UMSU. Beliau juga meyempatkan diri singgah di Radio UMSU FM. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BABEL, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa peserta KKN Muhammadiyah Aisyiyah (MAs) dari UM Purwokert....

Suara Muhammadiyah

4 August 2023

Berita

 MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Gelar Launchi....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pelantikan Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Pro....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

TULUNGAGUNG, Suara Muhammadiyah – Kejuaraan pencak silat antar pelajar “Bupati Cup Tulun....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dah....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah