Gebyar Sehat Aisyiyah Palembang, Upaya Nyata Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Publish

22 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59, Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah Palembang mengadakan  Gebyar Sehat Aisyiyah Kota Palembang 2023 dengan tema Aisyiyah mendukung Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju. Pelaksanaan kegiatan ini juga bertepatan dengan Milad ke-111 Muhammadiyah sekaligus menjadi momentum untuk meningkatkan semangat, kepedulian, komitmen dan gerakan nyata Aisyiyah dalam pembangunan kesehatan untuk memacu motivasi serta membangkitkan semangat berkontribusi bagi kesehatan masyarakat.

Kegiatan berlangsung selama satu hari pada Sabtu 04 Jumadil Awal 1445 H/18 November 2023 dari pukul 06.30 hingga selesai. Dihadiri kurang lebih ratusan warga Muhammadiyah dan Aisyiyah serta masyarakat umum,  Kegiatan diawali dengan senam sehat oleh pengurus, anggota dan kader Aisyiyah Palembang. Keseluruhan rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan berupa Pemeriksaan Kesehatan, Edukasi Kesehatan, Skrining Kanker Payudara dan Kanker Serviks berupa SADANIS dan IVA,  Distribusi Tablet Fe, Obat Cacing dan Vitamin A serta Makanan dan Minuman Sehat bagi Siswa Sekolah, Donor Darah dan Pelayanan KB serta berbagai kegiatan lainnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Aisyiyah Palembang terhadap kesehatan masyarakat. Dengan berbagai rangkaian kegiatan ini, diharapkan masyarakat terutama warga Muhammadiyah dan Aisyiyah serta warga sekitar area Perguruan Muhammadiyah Balayudha dapat lebih memahami kondisi kesehatan mereka dan melakukan tindakan pencegahan sejak dini serta aktif terlibat dalam upaya sosial di bidang kesehatan melalui donor darah, ujar Dr. Sri Yulia S.Kep selaku Ketua Panitia dan Ketua Majelis Kesehatan Aisyiyah Palembang pada sambutannya. 

Malida Somadi. S.Pd.I selaku Ketua Pimpinan Daerah Aisyiyah Palembang menambahkan sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan rutin di bidang kesehatan yang dilakukan oleh Aisyiyah Palembang mencakup pemeriksaan kesehatan, dan berbagai aktifitas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Kegiatan ini meliputi seminar kesehatan, pelatihan hidup sehat, dan berbagai kegiatan edukatif lainnya, dengan melibatkan berbagai unsur, Perguruan Tinggi seperti IKesT Muhammadiyah Palembang, STIKes Aisyiyah Palembang, dan Universitas Muhammdiyah Palembang, Poltekkes Kemenkes Palembang, dan UIN Raden Fatah Palembang. Selain itu dilengkapi dengan berbagai bantuan yang diberikan tenaga kesehatan dari RS Muhammadiyah Palembang, RSUP Dr. Moh Hoesin Palembang. Dukungan juga diberikan oleh TokoMu, minuman sehat dan dari pebankan. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melibatkan diri dalam rangkain acara ini, semoga kolaborasi kebaikan ini menjadi memperat persaudaran baik bagi warga Muhammadiyah, Asyiyah dan masyarakat umum lainnya. 

Pada kesempatan yang sama juga Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang diwakilin Ust Mustofa M.Pd.I dalam sambutan dan membuka kegiatan, memberikan apresiasi pada Gebyar Sehat Aisyiyah Palembang, kegiatan ini merupakan ajang meningkatkan eksistensi Aisyiyah Palembang dalam berkreatifitas dan bisa menjadi spirit inovasi para kader Aisyiyah dalam berbagai bidang, bukan hanya kesehatan melainkan bidang keagamaan, sosial maupun budaya. Saya dan para pimpinan Muhammadiyah Kota Palembang lainnya yang berhalangan hadir,  mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana meningkatkan kualitas kader Aisyiyah sehingga dapat lebih banyak berperan dalam pembangun Islam berkemajuan di masyarakat. 

Pada Gebyar Sehat Aisyiyah Kota Palembang 2023 ini juga dilaksanakan bantuan penyerahan obat cacing dan vitamin A dari Dinas Kesehatan Kota Palembang dan RS Muhammadiyah Palembang oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah Palembang kepada SD Muhammadiyah 6/14 Palembang yang diwakili Kepala Sekolahnya.  Selain itu dilakukan penyerahan bantuan dari Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes Regional Sumsel secara simbolis  berupa masker, gown, sarung tangan medis dan APD dari Majelis Kesehatan Aisyiyah Palembang kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah Kota Palembang. Selain itu juga dilakukan donor darah bekerjasama dengan UTD RSMH, skrining yang diawali dengan edukasi terkait kanker payudara oleh dokter konsulen onkologi RSMH serta edukasi Bantuan Hidup Dasar dan beragam topik terkait kesehatan lainnya. 

Aisyiyah Palembang berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan menjadi langkah awal dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Pembicara untuk edukasi dan fasilitator pemeriksaan kesehatan juga merupakan dosen dan mahasiswa IKesT Muhammadiyah Palembang dan STIKes Aisyiyah Palembang, UIN Raden Fatah serta Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Palembang dari berbagai program studi yaitu program studi S1 Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners, S1 Kebidanan, D3 Kebidanan, D3 Keperawatan, D3 Fisioterapi, D3 Kesehatan Lingkungan, S1 Ilmu Gizi, S1 Sistem Informasi, D3 TLM, D3 Manajemen Informasi Rekam Medik, dan S1 Farmasi. (Andi)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Gelar Ngabuburead dan Meronce, Bidang PIP dan Ipmawati  YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mewuj....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Panitia Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Lembaga Seni Budaya d....

Suara Muhammadiyah

25 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Ke....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menjadi fasilitator Pelati....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr HM Busyro Muqoddas, SH.,....

Suara Muhammadiyah

3 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah