Ideopolitor Muhammadiyah Cilacap Jadi Ajang Konsolidasi dan Pembekalan Cabang

Publish

26 December 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
227
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabuaten Cilacap menyelenggarakan pemahaman Ideologi, politik dan Organisaasi (Ideopolitor) untuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) se-Kabupaten Cilacap sebanyak 142 peserta mengikuti kegiatan di Gedung Dakwah PDM Kabupaten Cilacap Ahad (24/12/2023).

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Cilacap Habib M Ghozali mengatakan kegiatan Ideopolitor sebagai kegiatan wajib diikuti untuk semua pimpinan sampai ranting. Kegiatan ini dalam rangka konsolidasi, juga menanamkan pemahaman yang sama dalam visi dan misi perjuangan guna menguatkan manhaj gerakan Muhammadiyah. 

"Harapan kegiatan Ideopolitor dapat dilaksanakan dengan baik sehingga mulai 2024 sampai 2027, kita sudah satu arah," jelasnya.

Sedangkan, pembahasan organisasi sebagai Ormas yang yang cukup dipertimbangkan saat sekarang. Maka perlu memaksimalkan tugas dan  fungsi Majelis dan Lembaga yang telah terbentuk.

"Hal ini harus kita mantapkan bersama, agar diseluruh jajaran pimpinan agar mempunyai visi dan misi yang sama," tegasnya.

Terkait dengan politik, Habib menegaskan ditahun politik saat ini secara pragmatis dalam mendekati Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif. Muhammadiyah secara cerdas kepada masyarakatnya silahkan memilih sesuai pilihan masing-masing.

'"Kita tetap harus mengarahkan kepada warga menjaga kondusifitas. Kita mempunyai pilihan masing-masing dan tidak ada instruksi dalam menentukan pilihan," ujarnya.

Dalam menyikapi tahun politik, Muhammadiyah tidak perpolitik praktis tetapi tetap berperan aktif dengan upaya mendorong kader-kader terbaik Muhammadiyahyang memiliki kapasitas, kapabilitas dan kualitas yang mumpuni untuk terlibat aktif dalam berpolitik. 

"Muhammadiyah secara cerdas kepada warga masyarakatnya, silahkan memilih sesuai pilihannya masing-masing. Memang kita tidak fanatis tetapi, aktif dalam perpolitikan," ucapnya.

Muhammadiyah sebagai organisasi maka perlu pembenahan internal, maka harus banyak yang dilakukan untuk kemajuan organisai. 

"Penguasaan keorganisasi ditingkat ranting dan cabang perlu dimantapkan kembali," tegasnya.

Dodo Martono Sekertaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menjelaskan organisasi Muhammadiyah agar berjalan maka dengan keyakinan, kompak dan contoh. Dengan teladan memberi contoh, akan lebih melekat apa yang lakukan dalam berorganisasi.

"Marilah kita lakukan hal konkrit dalam kegiatan di persyarikatan Muhammadiyah," tegasnya.

Peserta Kegiatan Ideopolitor salah satunya Bunimin sebagai Ketua Pimpinan Cabang Muhamadiyah (PCM) Caruy Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap mengatakan kegiatan Ideopolitor menambah pengetahuan tentang Ideologi dan Politik serta Organisasi. Bermanfaat bagi pimpinan dan pengurus khususnya di tingkat PCM/PRM Caruy. Dalam menjalankan Organisasi dan Amal Usaha Muhammadiyah yang sudah ada dikembangkan. Agar lebih maju dengan mencari terobosan baru untuk lebih maksimal.

"Kita dalam berorganisasi sesuai dengan arahan dari Mukhtamar, supaya sesuai dengan visi dan misi," pungkasnya.(Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Ahmad Dah....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

MANADO, Suara Muhamamdiyah – Pimpinan Wilayah Muhamamdiyah (PWM) Sulawesi Utara (Sulut) mengge....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

PONOROGO, Suara Muhammadiyah - Tim Pengabdian kepada Masyarakat melalui skema Pengabdian Kepada Masy....

Suara Muhammadiyah

8 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menggelar Ma....

Suara Muhammadiyah

27 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, SuaraMuhammadiyah - Dalam upaya untuk mencapai kelancaran dan kesuksesan proses pengabdi....

Suara Muhammadiyah

15 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah