Ikut Pelatihan Kewirausahaan, Wali Santri Dapat NIB Gratis

Publish

13 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
475
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Rumah Pintar Matahari (RPM) dibawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya menggelar pelatihan kewirausahaan pembuatan kue kering di Balai RW 01 Krembangan, Minggu (12/11/2023).

Kegiatan kewirausahaan tersebut diikuti 30 wali santri serta warga sekitar RW 01 binaan LKSA Rumah Pintar Matahari dipandu oleh Wakil Ketua OK Oce Jawa Timur Estu Supamiarsih SSos serta di hadiri dan didukung penuh anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya dr Zuhrotul Mar’ah Lailatusholichah, Sekretaris RW I Noor Athoilah, serta Wakil Ketua PCM Krembangan bidang MPKS H Adi Sulasono ST.

Ketua Bidang Kewirausahaan LKSA Rumah Pintar Matahari H Lanang Santoso SPd menjelaskan tujuan dilaksanakannya kegiatan kewirausahaan pembuatan kue kering yakni,

Pertama, pemberdayaan ekonomi, yaitu memberikan keterampilan kewirausahaan kepada wali santri untuk meningkatkan potensi ekonomi mereka, sehingga dapat mandiri secara finansial.

Kedua, keterampilan praktis, yaitu mengajarkan keterampilan praktis dalam membuat kue kering, mulai dari teknik dasar hingga pengembangan resep dan desain kreatif.

Ketiga, pemberdayaan perempuan, jika pelatihan melibatkan perempuan, dapat memberikan kesempatan yang lebih besar untuk pemberdayaan perempuan binaan LKSA Rumah Pintar Matahari.

Keempat, pengembangan soft skill, dimana pelatihan tersebut juga dapat mencakup pengembangan soft skill seperti manajemen waktu, keterampilan komunikasi, dan kepemimpinan.

Kelima, kreativitas dan inovasi, yaitu mendorong kreativitas dalam pembuatan kue kering, sehingga mereka dapat mengembangkan produk unik yang mungkin menarik minat pembeli.

Keenam, pemberdayaan komunitas yaitu untuk mendorong kolaborasi dan solidaritas antara wali santri, membangun semangat komunitas, dan memahami dampak positif pada panti asuhan.

"Dengan tujuan tersebut, diharapkan para santri dapat memanfaatkan keterampilan yang mereka peroleh untuk membantu keberlanjutan panti asuhan dan menciptakan peluang ekonomi di masa depan", ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua OK Oce Jawa Timur Estu Supamiarsih SSos sangat bangga dan mengapresiasi LKSA Rumah Pintar Matahari yang telah memberikan kesempatan untuk berbagi ilmu kepada para wali santri binaan.

"Kewirausahaan pembuatan kue kering ini dilaksanakan supaya ibu-ibu kedepannya bisa mempunyai produk sendiri, serta dibuatkan NIB", terangnya.

Masih dengan Estu, NIB atau Nomor Induk berusaha adalah identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha bisa mengajukan Izin Usaha dan Izin Komersial atau Operasional sesuai dengan bidang usahanya masing-masing. 

"NIB ini terdiri dari 13 digit angka yang juga merekam tanda tangan elektronik serta dilengkapi dengan pengaman," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Estu, NIB bisa digunakan sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan hak akses kepabeanan. Setelah memiliki NIB, maka pelaku usaha akan terdaftar pula sebagai peserta jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan. Masa berlaku dari NIB adalah selama para pelaku usaha menjalankan usahanya. Dalam proses pembuatannya, NIB tidak dipungut biaya apapun.

"Jika NIB dan Izin Usaha sudah didapatkan, maka kegiatan bisnis akan menjadi lebih mudah dan lancar. Sehingga setiap masalah terkait izin bisa diatasi dengan baik tanpa ada kendala," tandasnya. (Yuda)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah  — Masjid bagi umat Islam memiliki peran yang sangat vital. ....

Suara Muhammadiyah

28 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universita....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

ALOR, Suara Muhammadiyah - SMP Muhammadiyah Ekosari Alor Kecil Kabupaten Alor menjadi salah satu sek....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

SRAGEN, Suara Muhammadiyah - Santri Sekolah Menengah Atas (SMA) Trensains Muhammadiyah Sragen angkat....

Suara Muhammadiyah

31 March 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Lazismu Banyumas lakukan launching platform donasi digital dengan sob....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah