Ilmu Komunikasi UMKLA Selenggarakan Kuliah Pakar Untuk Penguatan Riset

Publish

6 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
305
Foto istimewa

Foto istimewa

KLATEN, Suara Muhammadiyah -Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKLA) mengadakan kuliah pakar pada jumat (5/1) secara online. Tema yang diangkat yaitu : Metode Penelitian Komunikasi (Dari Teori ke Praksis). Narasumber yang dihadirkan adalah Dr. Ahmad Muntaha, M.Si sebagai Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa prodi ilkom UMKLA lintas angkatan.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini menurut Dani Kurniawan selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi UMKLA adalah : untuk memperkaya keilmuan dan persepektif tentang metode penelitian komunikasi. Kemudian, mahasiswa mampu menganalisis dalam menemukan isu topik-topik penelitian yang menarik untuk diteliti.

“Terakhir dengan menghadirkan narasumber dari luar diharapkan para mahasiswa lebih termotivasi dalam melakukan aktivitas penelitian. Hal ini penting, karena akan meningkatkan jumlah luaran publikasi ilmiah dari program studi,”tandasnya.

Pada kesempatan kali ini, Pak Muntaha panggilan menjelaskan model penelitan dalam komunikasi itu ada dua macam yakni : penelitian kuantitatif dan penelitian dikualitatif. Setelah itu mahasiswa diberikan tugas untuk memilih judul penelitian yang telah disediakan, mana judul penelitian yang kategori kuantitatif dan kualitatif.

Selanjutnya, doktor ilmu komunikasi dari UNS menjelaskan mengenai tentang model penelitian yang sederhana yaitu : analisis wacana, jenis penelitian ini adalah memiliki obyek formal pesan (messages) yang terdapat di dalam teks, khususnya berita di media massa dan media sosial. Setelah itu beliau menyampaikan tentang survei lapangan. Jenis penelitian survey lapangan/ eksperimen lapangan memiliki obyek formal perilaku (behavior) dari orang per orang, kelompok khalayak, atau audience pengguna (user)/ pengikut (follower) media.

“Tahap selanjutnya setelah menemukan topik penelitian dan model penelitian seperti apa yaitu tahap penyusunan proposal penelitian. Di sini kami siap mendampingi dalam proses penyusunan prosposal tersebut,”tuturnya.

Kegiatan inipun mendapatkan respon positif dari salah satu peserta yaitu : Vidi Fajar Styanto.”Kuliah pakar ini cukup memberikan insight di bidang penelitian dengan mudah difahami. Karena dunia penelitian selama ini sering membuat kerut dahi,”katanya.

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah - Umat Islam di Sumatera Barat mendapatkan bantuan dari Badan Pengelola K....

Suara Muhammadiyah

29 April 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes melepas sebanyak 326 Siswa Kelas ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

BANJARBARU, Suara Muhammadiyah – Dalam beberapa waktu belakangan ini, Indonesia tengah mengala....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Jelang Pemilu 2024, Lembaga Penelitian dan Pengembangan ‘Aisy....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pendidikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakart....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah