IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKUT Sukses DAD

Publish

20 September 2023
DAD

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
490
IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKUT Sukses DAD

IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKUT Sukses DAD

OKUT, Suara Muhammadiyah STKIP Muhammadiyah OKU Timur mengadakan Masa Taaruf dalam rangka pengenalan kehidupan kampus, menumbuhkan jiwa terpelajar (mahasiswa) yang memliki jiwa kepemimpinan.

Dalam keberlangsungannya diadakan Darul Arqam Dasar Komisariat IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKU Timur dengan tema, “Penguatan Nilai Trilogi dan Trikompetensi Dasar IMM demi terwujudnya akademisi Islam yang berakhlak mulia” yang dilaksanakan di Aula Lantai 2 STKIP Muhammadiyah OKU Timur pada Ahad-Selasa (10-12/09/2023).

Berikut tim instruktur DAD Komisariat IMM An-Naffi tahun 2023 yakni Master Of Training IMMawan Preli Yulianto, Sekretaris Of Training IMMawati Betty Triyani, Imam Of Training IMMawan Jajang  Nurzaman, IMMawati Riska Febrianti, Ketua Observer IMMawan M Dwi Apriandi, Sekretaris Obsever IMMawati Shera Revi Mariska, dan Anggota Obsever diantaranya, Sefina Marantika, Zulekhah, Shinta Aditia, Kukuh Arianto, Redi Dwi Anggara, Maswatul Jannah, Miftahul Rohmah.

Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Didi Franzhardi, M.Pd mengatakan bangga dengan dilaksanakan Masa Taaruf dan DAD yang pada hakekatnya masa dimana mengenal kehidupan kampus dan menumbuhkan jiwa yang kader militan, dan memiliki jiwa kepemimpinan sehingga menjadi mahasiswa yang unggul berilmu dan bertaqwa. Semoga menjadi kader miitan, semangat dan istiqomah berproses menjadi lebih baik.

Alhamdulillah sangat senang sekali telah terlaksananya kegiatan Masta dan DAD tersebut. Tentu akan menambah jumlah kader persyarikatan yang harus juga diiringi dengan follow up kegiatan-kegiatan yang makin menghidup gairahkan semangat ber-Muhammadiyah. Harapannya tentunya setelah kegiatan tersebut ada perubahan diri secara kualitas berorganisasi yang bisa menambah nuansa organisasi kemahasiswaan di kampus,” jelas Didi pada awak media Selasa (19/09/2023).

“Sebagai mahasiswa baru nantinya harus mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam mengisi waktu luang selain kuliah. Berorganisasi sangat penting karena bisa menambah wawasan bagai mana bersosialisasi, berorganisasi, berkomunikasi, dala lain-lain. Juga organisasi mampu menjadi wadah pengembangan diri lainnya di dalam berorganisasi,” ujarnya.

Preli Yulianto, S.P selaku Master Of Training mengatakan Grand Design Perkaderan atau SOP DAD Komisariat IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKU Timur tahun 2023 ini dirancang sesuai Sistem Perkaderan Ikatan (SPI) terbaru (2021). Grand Design disesuaikan dengan kultur, kebutuhan internalisasi dari Komisariat IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKU Timur dengan berfokus pada target oriented bukan event organizer saja.

Perkaderan ini menerapkan falsafah pedagogi kritis (critical pedagogy) yang merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya menyadarkan nalar kritis calon kader terhadap realitas sosial. Basic kader akan terbentuk karakter paradigma intelektual yang kritis, solutif, dan kontributif. Kader IMM harus senantiasa berproses, memiliki kompetensi religiusitas, intelektualitas, dan humanitas.

“Kita ingat betul kata ideolog Pak Djasman, kepribadian setiap kader IMM harus mampu memadukan intelektual dan aqidah yang dimanifestasikan dengan tekun dalam studi, taat menjalankan ibadah, dan senantiasa mengabdikan ilmu untuk kepentingan masyarakat. Kader IMM harus militan, dan mau berproses menjadi pribadi lebih baik,” jelas Preli kepada awak media pada Selasa (19/09/2023).

Prely lanjut, menjelaskan bahwa Darul Arqam secara etimologi-historis bahwa Darul berarti rumah dan Arqam adalah sahabat Nabi, Arqam bin Abi al-Arqam, yang dijadikan tempat pembinaan generasi awal Islam (as-sabiqun al-awaalun). Perkaderan Rasulullah SAW tersebut, melahirkan generasi Islam pertama seperti Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Siti Khodijah binti Khuwailid, Abu Dzar al Ghifari, Abu Salamah, Bilal bin Rabah, Abu Ubaidah bin Jarrah, dan yang lain. Kemudian, Muhammadiyah menisbatkan dalam bentuk Perkaderan Persyarikatan, yang kemudian IMM mengadopsi dalam perkaderan Ikatan. Harapannya kader IMM minimal mendekati, ataupun seperti sahabat Nabi Muhammad SAW.

“IMM harus bisa merapatkan bariskan (terorganisir) tuntas secara internalisasi, lalu kemudian mampu melakukan manuver eksternalisasi gerakan dalam aksi nyata. Menebar kebermanfaatan, menawarkan konsepan narasi yang bisa dikolaborasikan ke luar baik masyarakat, maupun pemerintah,” Ungkap Preli yang juga penulis buku Catatan Tinta Emas dari Narasi Menuju Aksi itu.

Sementara itu, Ketua Umum Komisariat IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKU Timur M. Vicky Bagas Saputra menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan DAD IMM Komisariat IMM An-Nafii. Setelah diadakan DAD ini semoga peserta bisa memahami apa itu IMM misal trilogi/dasarnya, hal ini masih dasar atau awal. Kedepannya bisa belajar tentang ilmu lain misal publik speaking, mentalnya bisa diasah agar bisa lebih baik lagi.

Tentunya semoga tidak berhenti setelah kegiatan perkaderan ini, nanti IMM STKIP Muhammadiyah OKU Timur akan mengadakan kegiatan pertemuan setiap sebulan sekali agar tetap terjaga tali silaturahminya. Tetap pada nilai-nilai trilogi IMM yaitu keagamaan, kemahasiswaan, dan kemasyarakatan. Dan tetap pada nilai-nilai Islami serta ilmu ilmu yang telah diberikan pada saat DAD bisa dipergunakan dengan baik, dan bertanggung jawab,” terang Vicky pada awak media Selasa (19/09/2023).

Darul Arqam Dasar (DAD) Komisariat IMM An-Nafii STKIP Muhammadiyah OKU Timur tersebut, berlangsung 3 hari diikuti 170 peserta. Selama perkaderan itu adanya serangkaian materi utama diantaranya fokus ideologi (Aqidah dan Tauhid, Ibadah Praktis Harian, Ke-Muhammadiyah-an, Ke-IMM-an),  lalu Kepemimpinan Ke-organisasian, dan wawasan kapita selecta, beberapa teori terapan seperti manajemen aksi, analisis sosial, problem solving, Forum Group Discussion (FGD) sehingga menumbuhkan jiwa kritis dan solutif.

Dan dalam kegiatan DAD IMM tersebut peserta terbaik IMMawan dan IMMawati mendapatkan hadiah buku karya Antoni Ludfi Arifin yang berjudul Up Super Visio, Super Action, 8 Jalan Rahasia Percepatan Hidup Sukses. (PY/ Yofa)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdul Razaq Fakhruddi....

Suara Muhammadiyah

12 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Kadipaten Wetan dan Ngasem, ....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ikhtiar Menyelamatkan Semesta menjadi tema Milad ke-111 Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Aisyiyah DIY menye....

Suara Muhammadiyah

25 February 2024

Berita

PULANGPISAU, Suara Muhammadiyah - Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Pulang Pis....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah