IPM Kids, Kesadaran Sekolah Muhammadiyah Hadirkan Perkaderan Sejak Dini

Publish

17 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
217
IPM Kids

IPM Kids

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Ada yang menarik dalam pembukaan Musyawarah Wilayah (Musywil) ke-23 Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jawa Timur (Jatim) di Universitas Muhammadiyah Gresik pada 16 Desember lalu. IPM Jatim berikan perhargaan kepada seluruh ranting IPM Kids se-Jatim. 

Ketua Bidang Perkaderan IPM Jatim menengaskan bahwa pemberian pengharagaan tersebut tidak lepas dari maksud untuk memberikan apresiasi kepada kader-kader IPM Kids. Mengingat bahwa IPM kids berawal dari kesadaran sekolah sekolah terhadap perkaderam di IPM terkhusus di Muhammadiyah dengan maksud dan tujuan sebagai bentuk proses perkaderan dan internalisasi ideologi sejak dini. 

Lebih lanjut, Kelvin Argo Benny mengaku bahwa saat ini di Jatim terdapat lebih dari 30 pimpinan IPM Kids. Untuk mendirikan IPM Kids itu sendiri juga tidak ada kualifikasi khusus, hanya lebih menekankan kepada dari ghirah dan kesadaran pada proses perkaderan. Selain itu juga tidak ada panduan secara sistematis atas pendirian IPM Kids melainkan dari inisiasi baik dari PD IPM masing masing ataupun pihak sekolah. 

"Meskipun memang saat ini masih belum ada formula spesifik terkait dengan IPM Kids itu sendiri, PW IPM Jawa timur akan terus berkomitmen untuk merumuskan formula pendirian agar dapat diterapkan seluruh sekolah yang ada di Jawa Timur" Jelasnya. 

Memperhatikan dari isu berkelanjutan yang saat ini menjadi pembahasan khusus bagi IPM Jatim. IPM Kids juga hadir untuk memperkuat siklus serta ideologi perkaderan yang ada di IPM secara khusus. Mengingat bahwa perkaderan merupakan kunci dari keberlangsungan roda organisasi serta tempat untuk membentuk manusia-manusia tangguh yang siap melanjutkan perjuangan pesyarikatan dan bangsa. 

Terakhir, Beni sapaan akrabnya berharap dari adanya IPM Kids yg sudah tumbuh di beberapa daerah dapat menjadi dorongan daerah yg lain untuk turut serta menumbuhkan hal yg serupa sebagai ajang fastabikhul khairat di persyarikatan. 

"Harapannya IPM Kids ini dapat menjadi wadah pembelajaran tentang memimpin dam beorganisasi agar dapat menciptakan bibit unggul kader penerus persyarikatan" tutupnya. (faqih/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah  - Sebanyak 103 orang mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (S....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Dalam upaya penguatan pemahaman ilmu warisan bagi santri, Pondok....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Diikuti 22 utusan dari PCNA se-Kabupaten Lamongan, Pimpinan Daerah Na....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dosen prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandun....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Kemarau panjang tahun ini telah menyebabkan sumber air di beberapa te....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah