JATAM Lampung Launching Penanaman Padi Organik

Publish

7 January 2024
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
515
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LAMTIM, Suara Muhammadiyah - Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Lampung membagikan bibit pinang kepada petani di Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lampung Timur dalam sosialisasi program Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM). Acara bertajuk 'Launching Penanaman Padi Organik dan Sosialisasi Program JATAM' ini digelar di Pondok Pesantren Muhammadiyah Al-Arqom Way Jepara, Lampung Timur, Sabtu (6/1/2024).

Dalam sambutannya, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, Suminto, mengatakan bahwa program JATAM bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Ia menekankan pentingnya percontohan dalam program ini agar petani lebih mudah memahami dan menerapkannya.

"Tidak ada gunanya banyak berbicara, tanam bibit ini pupuknya ini, tapi jika tidak ada percontohan hanyalah mimpi, karena petani kita lebih senang dengan contoh," kata Suminto.

Ketua MPM PW Muhammadiyah Lampung, Edy Waluyo, menambahkan bahwa program JATAM diharapkan dapat mengangkat derajat petani menjadi juragan. Ia juga menjelaskan bahwa JATAM memfasilitasi petani untuk mendapatkan kredit KUR Syariah dengan bagi hasil ringan.

"Hadirnya JATAM ini mengangkat petani menjadi juragan, yang tadinya petani makan berasnya sendiri tidak bisa, beras habis, beli lebih mahal, maka dengan hadirnya JATAM diharapkan petani JATAM lebih makmur dan jadi juragan. Lalu untuk memodali petani, JATAM memfasilitasi petani mendapatkan kredit KUR syariah dengan basil ringan," kata Edy Waluyo.

Ketua JATAM Lampung Timur, Herlambang, menambahkan bahwa Muhammadiyah berpandangan bahwa kedaulatan pangan adalah ciri kemerdekaan sebuah bangsa, pangan merupakan kebutuhan mendasar semua makhluk hidup, tak terkecuali seluruh rakyat dan bangsa Indonesia. Sebagai sebuah negara merdeka dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, bangsa Indonesia harus mampu memujudkan kedaulatan pangan, ditandai dengan ketersediaan pangan yang halal dan thoyyib.

Acara sosialisasi program JATAM ini dihadiri oleh petani dari berbagai daerah di Lampung Timur. Selain pemberian bibit pinang, dalam acara ini juga dilakukan penyerahan bibit padi organik secara simbolik.(pri/pwmlampung)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Penguatan Kepemimpinan untuk Perluasan Dakwah yang Mencerahkan SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Maje....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri dan Pempinan D....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

REMBANG, Suara Muhammadiyah- Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Kabupaten Rembang bekerja....

Suara Muhammadiyah

7 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakar....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah berkolaborasi dengan Program INO....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah