Ketua PDM Batam: Tahun Baru Islam Momentum untuk Muhasabah Diri

Publish

22 July 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
413

BATAM, Suara Muhammadiyah - Peringatan tahun baru islam 1 Muharram 1445 ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai momentum untuk muhasabah diri. Demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Batam, H. Zarmi Mazridanto, Kamis (20/7/2023). 

"Perbuatan yang paling sulit adalah mengenal diri dan mengendalikan diri. Banyak orang yang sangat pandai dalam menilai orang lain, namun kadang alpa menilai diri sendiri," kata Zarmi. 

Zarmi menjelaskan, muhasabah diri adalah introspeksi terhadap diri sendiri. "Bukan hanya euforia, tetapi hendaknya manfaatkan momen tahun baru islam ini dengan muhasabah diri. Melalui muhasabah diri, kita dapat melihat dengan terang ke dalam jiwa kita dan selalu ingat kepada Sang Pencipta," ujarnya. 

Sepanjang tahun, kata dia, kita telah diberi banyak nikmat dan kesempatan oleh Allah. 

"Yang perlu kita tanya ke dalam diri adalah apakah nikmat dan kesempatan yang kita peroleh sepanjang tahun ini telah kita gunakan dengan bijak untuk mendekatkan diri kepada Tuhan dan memberi manfaat kepada sesama atau malah sebaliknya. Sebab waktu terus berjalan tanpa bisa kita tunda," papar Zarmi.

Ketua PDM Batam tersebut menyampaikan, pada momentum tahun baru islam, semoga kita sebagai ummat muslim dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan selalu mengingat hari esok. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta'ala dalam Qs. Alhasyir 18-19.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, lalu Allah menjadikan mereka lupa kepada mereka sendiri. Mereka itulah orang-orang yang fasik.”

Dia pun mengajak untuk sama-sama berbenah dan menjadi yang lebih baik dari tahun kemarin. 

"Mari bersama menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bermanfaat lagi untuk keluarga, masyarakat, dan bangsa," ajak Zarmi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Kota Depok menggelar Pengajian Hari Bermuhammadiyah sekalig....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Bertempat ruang Dekanat Lantai 3 Gedung At-Tauhid Tower Universi....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. H....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Tim Risetmu Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) t....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Daerah (Musyda) XVII Pimpinan Daerah Pemuda Muhamm....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah