KTT Luar Biasa OKI dan Liga Arab Dorong Solusi Palestina

Publish

13 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
250
Foto Istimewa OIC

Foto Istimewa OIC

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Konferensi Islam (OKI) dan Liga Arab berhasil menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bersama Luar Biasa di Riyadh, dengan tuan rumah Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Kepala Majelis Ulama Indonesia (MUI), Sudarnoto Abdul Hakim, dan Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan, menyampaikan catatan penting terkait hasil KTT tersebut.

MUI menghargai inisiatif OKI dan Liga Arab yang dipimpin oleh Pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Kepemimpinan yang penuh tanggung jawab dalam mendengarkan aspirasi para peserta KTT diakui dan diapresiasi.

Sebanyak 31 butir keputusan KTT telah dicapai, mencerminkan kesepakatan bersama para pemimpin negara anggota OKI dan Liga Arab. Pernyataan bersama mencakup keprihatinan, kekecewaan, kemarahan, serta komitmen dan langkah-langkah tindak lanjutnya.

MUI mendesak OKI, Liga Arab, dan PBB untuk segera mewujudkan gencatan senjata, memungkinkan bantuan kemanusiaan dan pasokan kebutuhan dasar bagi rakyat Palestina di Jalur Gaza. MUI sendiri telah mengumpulkan donasi kemanusiaan sejumlah lebih dari 25 miliar rupiah untuk disalurkan ke Gaza.

Dalam konteks ini, MUI menyerukan kepada Amerika, NATO, dan negara-negara lain untuk menghentikan dukungan militer kepada Israel dalam konflik di Gaza.

MUI mendukung kesepakatan untuk segera memproses secara hukum kejahatan kriminal yang dilakukan oleh Israel, baik di Pengadilan Pidana Internasional (ICC) maupun Pengadilan Internasional (ICJ). MUI juga mendorong unit-unit hukum di OKI dan Liga Arab untuk melaksanakan mandatnya.

MUI menyambut baik keputusan yang menugaskan Indonesia bersama negara-negara sahabat untuk mengambil langkah diplomasi internasional guna menghentikan perang di Gaza. MUI siap mendukung proses politik, termasuk solusi "Two-State Solution."

Selain itu, MUI mengajak semua elemen masyarakat dunia untuk terus menyuarakan suara hati nurani, melakukan tekanan publik yang beradab demi kemanusiaan dan kedaulatan.

MUI mengecam fitnah terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang dikatakan sebagai tempat persembunyian Hamas oleh zionis Israel. MUI menilai pemboman rumah sakit sebagai kejahatan luar biasa yang harus diberi sanksi berat kepada Israel. Israel juga diharapkan untuk mengganti seluruh kerugian akibat tindakan teror dan penghancuran masif serta pembunuhan massal yang telah terjadi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SORONG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijri....

Suara Muhammadiyah

10 March 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar k....

Suara Muhammadiyah

23 October 2023

Berita

NGAWI, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Ngawi, salah satu sekolah favorit yang berada di teng....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

KEDIRI, Suara Muhammadiyah - Summer Camp merupakan agenda tahunan SD Muhammadiyah 15 Surabaya (....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menerima kunjungan dan studi ban....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah