Kuatkan Literasi AIK, UAD Gelar Pengabdian bagi Masyarakat Kauman

Publish

24 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
124
Foto istimewa

Foto istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu (17/1), Tim Pengabdian Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat dengan tema "Penguatan Literasi Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) bagi Generasi Muda di Kampung Kauman". Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Kauman, Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, dan Nasyiatul Aisyiyah sebagai peserta pengabdian.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Pesantren Aisyiyah Kauman, dan melibatkan dua pemateri, yakni Ahmad Zaki Annafiri, S.Pd.I, M.Ed. dari UAD dan Ghifari Yuristiadhi, S.S., M.A. dari Universitas Gajah Mada.

Dalam pemaparannya, Zaki Annafiri menyoroti urgensi akhlak dalam membentuk masyarakat Islam sesuai dengan nilai-nilai Muhammadiyah. Sementara itu, Ghifari Yuristiadhi membahas sejarah Kauman dan peran Muhammadiyah dengan pendekatan batik, aspek peran perempuan, pendidikan, wakaf, hingga potensi pariwisata.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan memberikan inspirasi kepada jajaran Pimpinan Muhammadiyah dan organisasi-organisasi Muhammadiyah di Kauman. Dengan adanya wawasan baru, diharapkan mereka dapat mengembangkan program-program inovatif di Kauman, khususnya dalam bidang kaderisasi, pariwisata, dan perwakafan.

Tim pengabdian berharap bahwa hasil dari kegiatan ini akan memberikan dampak positif dalam penguatan literasi AIK di kalangan generasi muda Kauman, serta merangsang pengembangan program-program yang berkesinambungan dalam konteks nilai-nilai Muhammadiyah. Melalui kolaborasi ini, UAD terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan masyarakat dan peningkatan kualitas kehidupan beragama di tingkat lokal. (Hendra Apriyadi/ Hrd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memfasilitasi masyarakat dalam mengurus pajak seb....

Suara Muhammadiyah

2 April 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Gayung biru yang tampak kusam itu terus disiduk. Perlu keringat ....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Magister Pendidikan mengadakan Seminar Kiat Sukses Pengaj....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DIY baru-baru ini menerbi....

Suara Muhammadiyah

24 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah