Liburan Nyantri Ala Pesantren Muhammadiyah Kudus

Publish

28 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
255
Foto Istimewa

Foto Istimewa

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus menggelar acara liburan nyantri untuk siswa kelas 5 dan 6 SD/MI pada tanggal 25-27 Desember 2023. Acara ini diikuti total 142 peserta putra dan 161 peserta putri dari berbagai SD/MI di Kudus dan sekitarnya. Acara ini diselenggarakan dengan tempat yang terpisah antara peserta putra dan putri.

Dalam acara ini, peserta mendapatkan pengalaman berkesan melalui berbagai kegiatan positif saat nyantri di pesantren. Kegiatan-kegiatan tersebut mencakup pembelajaran agama secara teori dan praktiknya yang bertujuan mengedukasi peserta dalam menjalankan kewajibannya sebagai seorang Muslim dalam sehari hari. Pondok Pesantren Muhammadiyah Kudus berkomitmen memberikan pengalaman yang bermanfaat dan menyenangkan bagi siswa SD/MI. Melalui konsep nyantri, peserta diajak untuk mendalami nilai-nilai agama sambil tetap menjalani liburan dengan penuh keceriaan.

Agung Supriyadi, selaku ketua panitia acara menyampaikan untuk kegiatan liburan nyantri tahun ini terdapat peningkatan jumlah peserta dari tahun sebelumnya yang berjumlah 196 peserta putra dan putri dan sementara tahun ini meningkat mencapai 304 peserta yang berasal dari Kudus, Jepara, Demak, Pati, Rembang dan Grobogan. 

Harapnya dengan terlaksananya kegiatan ini bisa memberikan wawasan dan pengalaman bagi para peserta didik kelas 5 ataupun 6 tingkat SD dan MI tentang kehidupan di pesantren dan sebagai sarana mendekatkan mereka dengan ilmu-ilmu agama. Selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi sebuah sarana bagi peserta didik untuk mengisi waktu liburannya dengan hal-hal yang bermanfaat.

Semoga dengan adanya acara liburan nyantri dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya. Diharapkan, lembaga-lembaga tersebut bisa memberikan pengalaman yang berkesan dan mendidik bagi para peserta didik, menciptakan tradisi positif, dan membentuk generasi penerus yang unggul dan berakhlak mulia. Dengan demikian, diharapkan peserta dapat membawa serta nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka, membentuk karakter yang kuat, dan membawa dampak positif dalam lingkungan masing-masing.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir pada Selas....

Suara Muhammadiyah

19 January 2024

Berita

SUKOHARJO, Suara Muhammadiyah – Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Puteri Aisyiyah Grogo....

Suara Muhammadiyah

20 December 2023

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)....

Suara Muhammadiyah

19 September 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah Asahan gelar kegiatan dialog Ideopolitor. ....

Suara Muhammadiyah

14 November 2023

Berita

MADIUN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat Universitas Muhammadiyah M....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah