Mahasiswa KKN UM Purworejo Sosialisasi Bahaya dan Manfaat Teknologi Digital Bagi Anak-anak

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
205
Mahasiswa KKN UM Purworejo

Mahasiswa KKN UM Purworejo

PURWOREJO, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 29 Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan sosialisasi mengenai teknologi digital dengan tema “Manfaat & Bahaya Teknologi Digital Bagi Anak-anak”. Melalui kegiatan tersebut, Annisa dan Lintang sebagai pemateri menjelaskan dampak negative yang ditimbulkan akibat adanya kecanduan penggunaan gadget. Banyak dari anak-anak yang masih belum mengetahui bahaya dari kecanduan gadget dan kurangnya pendampingan dari orang tua. 

Dampak yang terjadi apabila anak terlalu sering bermain gadget yaitu seperti gangguan mata akibat terlalu lama menatap layar gadget yang memiliki radiasi, tumbuh kembang anak menjadi terganggu, dan banyaknya waktu anak yang dihabiskan untuk mengakses gadget sehingga mengurangi waktu untuk belajar dan berkomunikasi dengan keluarga. 

Kepala Sekolah SD Negeri Salam Bapak Sugiyono, juga sangat mendukung adanya  pemberian sosialisasi teknologi digital ini. “Melalui kegiatan sosialisasi ini, saya harap anak-anak memiliki kesadaran tentang dampak-dampak yang terjadi ketika sudah mengenal gadget dan penggunaannya” ujar kepala sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Salam Gebang Purworejo pada hari kamis, 11 Januari 2024 dengan diikuti oleh anak-anak SD Negeri Salam kelas 3,4,5 dengan jumlah 45 siswa. “Sosialisasi ini bertujuan untuk membatasi anak supaya tidak kecanduan bermain gadget, sehingga anak tidak lupa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dan dapat tumbuh sesuai perkembangan usianya” harap miftakhurrohman (Ketua KKN).

 Pelaksanaan sosialisasi ini dimulai pada pukul 11.15 WIB. Sebelum acara tersebut dilaksanakan seluruh anggota KKN 29 Universitas Muhammadiyah Purworejo melakukan breafing singkat untuk memastikan anggota dapat melaksanakan tugasnya sesuai pembagian seperti pemateri, dokumentasi, dan tim ice breaking. Dalam pemaparan materi dibagi menjadi dua tahap yaitu pemutaran video animasi dan penyampaian materi secara detail oleh pemateri. Di dalam video tersebut menjelaskan dampak negative penggunaan gadget dan cara mengatasi dampak pengguanaan gadget. 

Para siswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi begitu semangat dan antusias, hal ini terlihat dari beberapa siswa yang memberikan dan menjawab pertanyaan serta aktif mengikuti permainan yang diadakan oleh anggota KKN 29. Pemateri memberikan beberapa  pertanyaan pengetahuan kepada seluruh siswa, dengan antusias tinggi siswa berebut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Pemateri memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan agar siswa-siswi bersemangat dalam mengikuti kegiatan. 

Nur Ngazizah selaku Dosen Pembimbing Lapangan menyambut baik kegiatan tersebut karena bermanfaat untuk para siswa, sehingga mereka bisa memilah dan memilih tayangan yang baik bagi mereka dan juga tidak melihat tayangan yang memberikan dampak negative bagi mereka. Membagi waktu antara belajar, bersosialisasi,olah raga, beribadah dan juga mengakses internet, agar kehidupan menjadi seimbang. Dan orang tua tentunya perlu mendampingi anak-anak usia sekolah dasar dalam menggunakan internet, agar meminimalkan dampak negative. Sehingga mereka menjadi generasi yang mampu menyeimbangkan olah rasa,olah pikir,olah raga dan olah hati. (Tim KKN/Nur Ngazizah)

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat (PP) Mu....

Suara Muhammadiyah

4 November 2023

Berita

Mendesak DK PBB Hentikan Perang Israel-Palestina JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat (PP) ....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melakukan kolaborasi untuk merin....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah -- Bertempat di Gedung Pertunjukkan Hoeriyah Adam, ISI Padang Panj....

Suara Muhammadiyah

27 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Prof Ambo Asse men....

Suara Muhammadiyah

10 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah