Media Visit KPI UM Bandung: Menguasai Informasi Berarti Menguasai Dunia

Publish

14 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
248
UM Bandung

UM Bandung

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mereka yang menguasai informasi akan menguasai dunia. Begitulah ungkapan falsafah lama dalam menegaskan bagaimana peran jurnalis sebagai salah satu profesi yang strategis.

Profesi ini tentu memiliki tugas berat dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Baik dengan tujuan untuk mengabarkan, menghibur, atau bahkan membentuk opini masyarakat.

Ketertarikan mahasiswa terhadap dunia jurnalistik dengan segala perkembangannya terlihat pula pada antusiasme mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) saat melaksanakan media visit ke kantor redaksi Ayobandung.com.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 perwakilan mahasiswa KPI semester 3 dan 5 yang didampingi oleh dosen dan Ketua Program Studi KPI UM Bandung pada Selasa (12/09/2023).

Selain mendapatkan ilmu melalui pemaparan, diskusi, dan sharing dengan jajaran tim Ayobandung.com, mahasiswa KPI UM Bandung juga mendapat kesempatan mengamati dan memahami secara langsung bagaimana cara kerja media dalam memproduksi berita. Mulai dari proses pengumpulan data, penulisan berita, editing naskah berita, hingga publikasi berita. 

Pemimpin Redaksi Ayobandung.com Adi Ginanjar Maulana mengatakan bahwa dalam hal menulis, seseorang harus menentukan terlebih dahulu siapa target pembaca dan apa yang ingin dibaca oleh target tersebut.

”Hal seperti itu bisa kita lihat melalui website yang berisi kata kunci yang sering digunakan para pengguna internet, salah satunya melalui Google search,” ungkap Adi.

Tidak hanya itu, Adi juga tanpa segan menceritakan bagaimana pengalaman suka duka dirinya selama berprofesi sebagai seorang jurnalis. Ia membagikan ilmunya kepada mahasiswa secara gamblang terkait penyajian berita di era modern saat ini.

Rencana kerja sama

Kegiatan media visit ini juga berlanjut pada rencana penandatanganan kontrak kerja sama antara Prodi KPI UM Bandung dan Ayobandung.com.

Kegiatan media visit ini bertujuan untuk memperkaya ilmu dan kemampuan mahasiswa dalam praktik jurnalistik media cetak dan media digital yang juga menjadi salah satu konsentrasi ilmu dari tiga bidang penjurusan ilmu dalam Prodi KPI UM Bandung. Ketiga penjurusan itu yakni broadcasting, public speaking, dan jurnalistik.

Sebelumnya telah dilaksanakan pula kegiatan media visit dan kerja sama dengan CNN Biro Jawa Barat untuk konsentrasi bidang ilmu broadcasting di Prodi KPI UM Bandung.

Dengan adanya media visit ini, diharapkan mahasiswa dapat mengikuti perkembangan teknologi terkait kepenulisan berita di era baru media sekarang dan semakin semangat untuk menulis khususnya menulis dan memproduksi berita.(Anggi Restian Zahra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan Milad ke-60 Ikatan Mahasiswa Muhamma....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Umum Pimpinan Pusat Haedar Nashir mengatakan, Isra miraj meru....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ribuan jamaah Tabligh Akbar Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah padati ....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Hari Sabtu (17/2/2024), Lazismu Se-Kabupaten Sleman mengadakan Rakerda ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - (18/01) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yo....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah