Membangun Kader Muhammadiyah Militan

Publish

5 October 2023
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
428
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - PCM Magelang Selatan Kota Magelang menyelenggarakan Ngaji Bareng PCM dengan tema “Menguatkan Anggota dalam Ber-Muhammadiyah”. Acara tersebut diadakan di Masjid Al-Hidayah di lingkungan SMP Negeri yang berada di Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang, Rabu (4/10/2023).

Ketua PRM Tidar Selatan sebagai tuan rumah kegiatan Ngaji Bareng PCM Magelang Selatan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi positif terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan informasi tentang kegiatan kajian yang dilaksankan secara rutin oleh PRM Tidar Selatan.

Kegiatan Ngaji Bareng PCM Magelang Selatan juga dihadiri oleh Pleno PDM Kota Magelang. Ketua PDM Kota Magelang Prof. Rifqi Muhammad, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu perayaan Milad Muhammadiyah dan Program Pengadaan Makam bagi warga Muhammadiyah di Kota Magelang.

Hadir sebagai pembicara dalam Ngaji Bareng PCM Magelang Selatan adalah Ustadz Miftahuddin dari Kabupaten Magelang. Dalam kajiannya beliau menyampaikan beberapa hal penting menyangkut bagaimana seharusnya ber-Muhammadiyah sesuai dengan Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM). (1).Bergembira dalam ber-Muhammadiyah, (2). Kajian-kajian rutin dalam mentadaburi Al-Qur’an, (3). Dakwah melalui kantong-kantong ekonomi, (4). Muhammadiyah merupakan persyarikatan yang senang memberi tanpa pandang latar belakang umat. Ke-empat hal tersebut perlu dibudayakan dalam masyarakat sebagai sarana dakwah.

Dalam kesempatan tersebut Ustadz Miftahudin juga menyampaikan pentingnya membangun kader Muhammadiyah yang memiliki militansi tinggi, ta’dzim, ora gumunan, membangun komitmen dalam ber-Muhammadiyah, dan senantiasa ikhtiar dalam bertaqwa, serta orang yang ber-Muhammadiyah antara ibadah mahdhoh dan ibadah sosialnya terukur dan bisa dipertanggungjawabkan di Masyarakat utamanya di hadapan Allah SWT.

Militansi merupakan ruh suatu organisasi dan merupakan sumber energi sebagai upaya mewujudkan maksud dan tujuan organisasi. Upaya membangun militansi kader adalah sebagai bentuk meng-internalkan faham ideologi organisasi dalam diri para anggotanya sehingga anggota organisasi memiliki karakter rela berkorban dengan waktu, tenaga, bahkan harta sekalipun.

Membangun militansi diperlukan tahapan-tahapan yang diawali dengan memahamkan ideologi organisasi dalam hal ini Muhammadiyah kepada para anggotanya bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang berlandaskan nilai-nilai Islam bersumber al-Qur’an dan as-Sunnah. Kaderisasi merupakan pekerjaan rumah yang mebutuhkan keseriusan dari semua fihak yang terkait, untuk dibutuhan sinergi yang berkelanjutan melalui kantong-kantong dakwah yang humanis dan berkamajuan sesuai dengan perkembangan zaman.

Atas dasar hal tersebut PCM Magelang Selatan berikhtiar merangkul berbagai pihak dalam rangka mengembangkan sayap dakwahnya untuk lebih mengenalkan Muhammadiyah di kalangan Masyarakat. Program ini sebagai bentuk komitmen serius PCM Magelang Selatan Kota Magelang dalam meberikan kontribusi nyata dalam peningkatan kualitas dan kesiapan kader Muhammadiyah dalam menghadapi persaingan di masa yang akan dating. (M@he)    


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangkaian semarak Idul Fitri 1445 H, Pimpinan Daerah Muhammad....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Klaten (UMKL....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

Mantan Ketua Umum DPD IMM Sulsel Raih Gelar Doktor dari Sekolah Pascasarjana Unhas MAKASSAR, S....

Suara Muhammadiyah

28 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  berhasil  masuk  ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Betapa cepatnya waktu berlalu, tak terasa usia Muhammadiyah m....

Suara Muhammadiyah

25 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah