Memperkuat Literasi Digital di Era Disinformasi

Publish

22 January 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
IPM Jawa Timur

IPM Jawa Timur

SURABAYA, Suara Muhammadiyah – Kualitas literasi menjadi kunci dalam menghadapi Era Post Truth. Hal itu ditegaskan Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Timur (PW IPM Jatim) Muhammad Hengki Pradana dalam talkshow PUSAD (Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi) yang merilis hasil survei preferensi politik, media baru, dan wacana-wacana aktual Anak Muda Muhammadiyah Jawa Timur. Acara tersebut bertempat di Kunokini Cafe Surabaya, Sabtu (20/01). 

Lebih lanjut, Dana sapaan akrabnya menegaskan bahwa IPM sebagai organisasi otonom (ortom) Muhammadiyah memiliki basis masa paling muda diantara ortom lainnya. Rentang umur anggota IPM berkisar 12 hingga 21 tahun yang tidak lain merupakan usia pelajar. Mereka berjumlah ribuan yang tersebar di 37 Pimpinan Daerah (PD) di tingkat kabupaten/kota. Hal ini menunjukkan bahwa dari segi kuantitas basis pelajar Muhammadiyah Jawa Timur tidak bisa dianggap remeh. 

“Keanggotaan IPM bisa dibilang paling muda di antara ortom yang lain. Banyak kader IPM yang saat ini berusia 17 tahun, teman-teman bisa menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024 nanti. Terlebih lagi, akan ada bonus demografi di tahun 2045 yang itu sangat ditentukan oleh peran anak-anak muda,” ujarnya.

Ia menekankan anak muda untuk menekuni literasi digital, mulai dari penggunaan tiktok, instagram dan media sosial lainnya. Agar memiliki pandangan politik yang baik untuk menentukan pilihan. Anak muda harus mampu memiliki filtrasi dalam bermedia sosial, dan jangan pernah ter in-filtrasi terhadap informasi yang tidak benar. 

Ipmawan asal Lamongan ini mengajak kepada seluruh kader IPM Jawa Timur untuk meningkatkan dan mengasah penguatan literasi digital. Pasalnya hari ini kita hidup di era disrupsi. Era di mana post-truth menjadi tantangan yang nyata. Bisa jadi kebohongan dianggap kebenaran. Dan begitu pula sebaliknya. Hoaks dianggap kebenaran. “Maka pelajar harus bijak dalam medsos,” pungkasnya. (faqih/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah sekaligus Ketua Badan Pembina ....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Bencana alam terjadi dimana saja dan kapan saja secara tak terdu....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

Serahkan Bantuan Buku Bacaan ke SB Kampung Pandan Malaysia MALAYSIA, Suara Muhammadiyah - Bertempat....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan tegas menyatakan belasungkawa ata....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pada Senin, 20 November 2023 dilaksanakan pertemuan Pondok Pesantre....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah