Meningkatkan Kepedulian Sosial di Bulan Ramadhan

Publish

8 March 2024
UMM

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
280
Abdul Mu'ti menyampaikan tausiyah di acara Tarhib Ramadhan UMM dengan tema  Bermuhammadiyah dengan Kepedulian Sosial (8/3).

Abdul Mu'ti menyampaikan tausiyah di acara Tarhib Ramadhan UMM dengan tema Bermuhammadiyah dengan Kepedulian Sosial (8/3).

MALANG, Suara Muhammadiyah - Ramadan bukan hanya momentum peningkatan spiritual, tetapi juga sebagai bulan islah (perbaikan), serta transformasi diri untuk turut berkontribusi menyelesaikan masalah-masalah sosial. Hal itu ditegaskan langsung oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam Tarhib Ramadhan Ceria dengan tema Bermuhammadiyah dengan Kepedulian Sosial. Adapun agenda itu berlangsung di Dome Universitas Muhammadiyah Malang pada Jum’at, 8 Maret 2024. 

“Bulan puasa itu bulan pendidikan bagi kita semua. Banyak nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya dan saudara harus sadar akan hal ini,” ujarnya. 

Lebih lanjut, dia mengutip teori dari Charles Duhigg dalam buku The Power of Habit tentang cara membangun dan menciptakan kebiasaan baru yang positif. Setidaknya ada tiga poin penting yang harus dilakukan, yaitu memiliki niat, rutin dalam menjalankan, dan yang terakhir adalah pemberian reward (hadiah). Lantas, ia juga memberikan analogi teori tersebut dengan nilai-nilai keislaman dalam bulan Ramadhan. 

“Pertama yakni niat yang sudah pasti menjadi landasan awal kita dalam melakukan perubahan dalam diri, innamal a'malu binniyat. Lalu rutin, selama bulan ramadhan kita diajarkan untuk berpuasa, lalu ada juga tarawih, kemudian ada i’tikaf dan amalam-amalan sunnah yang lain. Dan yang terakhir reward yang ini puncaknya, bisa diartikan kalau secara umum hadiahnya itu saat idul fitri. Namun kalau dari sisi personal, yaitu perbaikan diri secara individu menjadi lebih baik,” jelasnya. 

Menurutnya, suatu perubahan yang dilakukan itu tidak perlu langsung secara ekstrim. Namun bisa dilakukan dan dimulai dari hal yang mudah dan sederhana tapi dilakukan secara rutin. Apalagi mengingat bahwa kebiasaan yang ingin dibangun merupakan hal baru dna butuh proses. Cara itu juga bisa digunakan dan diterapkan di segala lini kehidupan demi membangun kebiasaan dan pribadi yang lebih bagus. 

Terakhir, ia berpesan kepada seluruh auidens yang hadir untuk tetap mempertahankan kebiasaan-kebiasaan baik serta meninggalkan kebiasaan buruk. “Kebiasaan itu harus dibangun. Kebiasaan yang baik dipertahankan dan ditingkatkan, sementara yang kurang baik ditingkatkan. Hal itu kita lakukan secara terus menerus hingga akhir hidup,” tutupnya. 

Di sisi lain, Rektor Nazaruddin Malik mengatakan bahwa UMM siap memeriahkan atmosfer bulan suci Salah satu bukti nyata yakni dengan adanya acara Tarhib Ramadhan Ceria sebagai hidangan pembuka memasuki bulan suci Ramadhan. 

“Setiap bulan ramadhan, UMM selalu mengadakan kegiatan islami untuk mengisi dan memeriahkan bulan tersebut. Ada kajian rutin bagi mahasiswa, dosen, maupun karyawan. Bahakn ad abanyak agenda unik yang sudah digelar. Semoga seluruh sivitas akademika Kampus Putih mendapatkan berkah dari acara ini, lebih luas yakni dari bulan Ramadan ini,” pungkasnya. (diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kebutuhan akan tegaknya hukum dan penyelesaian perkara secara terst....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bireuen menyerah....

Suara Muhammadiyah

14 December 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK-UMSU) me....

Suara Muhammadiyah

30 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Penasihat Syeikh Al-Azhar, Prof. Dr. Nahla Shabri Al-Sha&rsquo....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Sekolah Menengah Pertama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SMP U....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah