MPM Jateng Gandeng LPMPP UMS, Paparkan Potensi Bioetanol dari Sorgum ke Pertamina

Publish

3 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
224
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Persyarikatan (LPMPP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerima kunjungan dari  Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Jawa Tengah yang saat ini tengah bekerja sama dengan Pertamina. Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Sidang BPH Gedung Induk Siti Walidah UMS , Sabtu (2/12).

Ketua MPM Jawa Tengah, Ir., Fatchur Rochman menyampaikan bahwa kedatangannya ke UMS adalah dimaksudkan untuk mendapatkan dukungan dari UMS, untuk program yang sedang mereka kembangkan.

"Dari MPM Jawa Tengah ada program untuk penanaman sorgum yang direncanakan untuk produksi bioetanol. Nah prosesnya kan memerlukan alat-alat permesinan," ungkap Fatchur Rochman.

Untuk membuat bioetanol tersebut, tambahnya, memerlukan para ahli dari Teknik Kimia.

"Sehingga kami ke LPMPP ini untuk mendapatkan support yang menjadi kekurangan kami," ujar Ketua MPM Jateng itu.

Penanaman sorgum dengan ditujukan menjadi bioetanol tersebut diharapkannya dapat menggantikan bahan bakar berbahan fosil.

"Ke depannya karena kita kebetulan kerja sama dengan Pertamina, karena Pertamina punya program untuk bahan bakar terbarukan. Sehingga, menggantikan bahan bakar dari fosil," tuturnya.

Saat ini MPM Jawa Tengah menggunakan lahan percobaan dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Sedangkan jika kerja sama antara MPM dan Pertamina terjalin, Pertamina akan memberikan lahan seluas 149 ha untuk ditanam sorgum. Lahan kosong tersebut terletak di Cilacap.

Ketua LPMPP UMS Prof., Ir., Sarjito , M.T., Ph.D., menyampaikan juga maksud dari kegiatan pada hari ini.

"Dari MPM Jateng diminta untuk memberikan sampel yang rencana penanaman sorgum yang kerja sama dengan Pertamina," ungkapnya.

Kerja sama ini merupakan kerja sama antara MPM dengan LPMPP UMS yang bentuknya adalah pengabdian, dengan tim teknis dari Teknik Kimia UMS. LPMPP, MPM, dan Pertamina juga bermaksud untuk menyaksikan bagaimana praktik yang dapat dilakukan oleh tim teknis.

"Pertamina ingin bukti bahwa sorgum bisa diolah menjadi alkohol. Terus kemudian ingin melihat best practice yang pernah dilakukan UMS," tutur Ketua LPMPP UMS.

Sarjito juga menyampaikan, bahwa sebelumnya UMS bermitra dengan pengrajin ciu atau minuman beralkohol di Bekonang, Sukoharjo. Alat yang digunakan pengrajin di sana adalah buatan dari UMS. Jadi Pertamina ingin melihat alat dan prosesnya seperti apa. (Maysali)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah bulan Ramadhan dilalui selama sebulan penuh. Saatnya umat I....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyambut pergantian tahun, Suara Muhammadiyah menyelenggarakan eve....

Suara Muhammadiyah

30 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pasca Muktamar Nasyiatul Aisyiyah  ke XIV, peta jalan NA perio....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam kisah kehidupan suatu gerakan, terdapat tokoh-tokoh y....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar workshop offli....

Suara Muhammadiyah

8 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah