MPW PDM Sleman Studi Tiru Pendayagunaan Wakaf

Publish

7 November 2023
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
207
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BATANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menjalin silaturahmi dan studi tiru pengembangan wakaf, Majlis Pendayagunaan Wakaf (MPW) Pimpinan Daerah Sleman (PDM Sleman) Daerah Istimewa Yogyakarta berkunjung ke Pondok Modern Tazakka Batang Jawa Tengah, Ahad  12 Robi'ul Akhir 1445H/ 5 November 2023.

Rombongan berjumlah 24 orang terdiri dari 7 orang anggota MPW PDM Sleman, 13 utusan MPW Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) dan 4 dari unsur Pimpinan Daerah Aisiyah (PDA) Sleman.

Didampingi Wakil Ketua PDM Sleman yang membidangi wakaf H. Nasirun, rombongan disambut baik di ruang penerimaan tamu pondok modern tazakka oleh Kepala Departement Kehumasan Ustadz Alam Mahardika, M.H., Kepala Departement Wakaf Ustadz Aminudin dan Kepala Departement Amal Usaha Ustadz Subhi Mahmassani,S.H.I., M.E.

Tujuan kunjungan ke Pondok Modern Tazakka untuk belajar bagaimana mengembangkan wakaf, khususnya melalui instrumen wakaf uang.

Dalam kesempatan ini, Nasirun menyampaikan “Kami silaturahmi ke Pondok Modern Tazakka ini ingin menimba ilmu sebanyak banyaknya bahkan besuk kita harus kembali kesini lagi untuk bisa bertemu dengan pak kiyai Anang bila perlu menginap lima hari untuk bisa lebih mendalami lagi" tandasnya.

Ia menambahkan saat ini MPW PDM Sleman memiliki visi setiap satu cabang punya satu amal usaha dan mempunyai masjid binaan Muhammadiyah.

Nasirun berharap studi  tiru ini dapat diterapkan dimasing masing cabang. "mari kesempatan belajar ini kita manfaatkan betul untuk selanjutnya MPW PDM Sleman segera bergerak dan mencopy ilmu yang didapat dari kunjungan ini yang nantinya dapat diterapkan di tingkat cabang" imbuhnya.

Sementara itu ustadz Alam memaparkan untuk mengembangkan wakaf maka harus menyiapkan 3 hal yaitu sistem, SDM dan jaringan. "Sebuah lembaga pengembangan wakaf harus memiliki sistem yang kuat jangan sampai ditengah jalan berubah ubah," paparnya.

Lebih lanjut ustadz Alam menegaskan bahwa lembaga wakaf harus punya cita cita yang dapat diwujudkan dalam sebuah program, "Kita harus memiliki cita cita sehingga ketika ada orang ingin mewakafkan hartanya dalam jumlah ratusan juta bahkan milyaran kita tidak akan kaget dan bingung karena kita sudah memiliki program 20 atau 30 tahun yang akan datang" tegasnya.

Ia mencontohkan lembaga wakaf tazakka telah memiliki visi sampai dengan 2030 tahun yang akan datang yaitu kaderisasi bidang study islam, kesehatan, sain dan teknologi meliputi 10 Dokter, 30 Master dan 60 Sarjana, dan sampai tahun ini lebih 10 Dokter telah terkader. Sedangkan visi pembangunan di tahun 2030 yang akan datang yaitu pembnagunan perguruan tinggi, rumah sakit, pusat studi, pusat belanja dan convention international hall. "Skema ini akan sangat berguna untuk membangun kepercayaan umat dalam mewakafkan hartanya di lembaga wakaf yang kita kelola" jelasnya.

Ustadz Alam juga menambahkan dalam hal pengembangan wakaf uang, lembaga dapat memanfaatkan media untuk mengemas program program wakaf yang mudah di akaes oleh masyarakat, seperti tazakka memanfaatkan mesin EDC untuk mempermudah wakif dalam mewakafkan uang tunainya. Selain itu tazakka juga mengembangkan wakaf tunai melalui aplikasi mobile yaitu tazakka mobile. Tazakka juga memanfaatkan grup grup whatsApp wali santri untuk menyebarluaskan informasi program program wakaf tazakka, juga media televisi, Instagram, dan website. Selain itu "Kami juga meluaskan jaringan dari alumni jemaah haji plus dari travel yang kami kelola" pungkasnya.

Acara diakhiri dengan ramah tamah makan siang  dan penyerahan kenang kenangan dari MPW PDM Sleman kepada Pondok Modern Tazakka setelah sebelumnya berkeliling melihat pondok dan shering tentang program progam wakaf tunai di ruang guru dan ruang media.  (Nis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - MBS Putri Taruna Krapyak secara yuridis mendapatkan penghargaan s....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah – Prof. Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Ma....

Suara Muhammadiyah

30 April 2024

Berita

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah - Heri Pramono, S.Pd dilantik menjadi kepala SMA Muhammadiyah Gombo....

Suara Muhammadiyah

7 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Saat ini, motif batik telah mengalami perkembangan yang sanga....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah -  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai tempat awal berdiri ....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah