MTs Muhammadiyah Kalosi Enrekang Hadirkan International Class Program

Publish

8 April 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
90
Foto Istimewa

Foto Istimewa

ENREKANG, Suara Muhammadiyah - Salah satu keunggulan MTs Muhammadiyah Kalosi Enrekang saat ini adalah kehadiran International Class Program (ICP).

Pengelolaan kelas ini ditekankan pada kemampuan sains para siswa dan juga keunggulan kecakapan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Beda kelas reguler dan ICP yaitu fasilitas dan sistem pembelajaran semua serba digital terkoneksi pada dunia internet.

Demikian ditegaskan Kepala MTs Muhammadiyah Kalosi Enrekang, Harianto S.Ag. M.Si kepada media Ahad malam 7 April 2024 di kediamannya.

Dijelaskan, keunggulan lainya dari madrasah ini yaitu pihak sekolah menekankan siswa harus belajar dengan disiplin dan belajar dengan tertib. 

Pihak sekolah juga menekankan agar siswa tidak boleh kehilangan jam belajar dan juga guru yang tidak boleh kehilangan jam mengajar, tegasnya.

Selain itu, keunggulan dari sisi ekstrakulikuler yang sangat nampak dan menjadi daya tarik adalah kegiatan pramuka untuk siswa dan seni bela diri Tapak Suci.

"Strategi pihak madrasah untuk menjaring siswa baru terutama di tahun ajaran baru adalah dengan konsisten pada nilai-nilai yang harus menjadi nilai lebih sebagai sebuah madrasah," katanya.

Nilai lebih yang dimaksud adalah bagaimana madrasah dimunculkan sebagai sekolah menengah pertama berbasis agama dan ciri khas inilah yang harus ditonjolkan sehingga masyarakat lebih tertarik untuk memasukkan anaknya di MTs Muhammadiyah Kalosi, tandas Wakil Bendahara PDM Enrekang ini.

Kurun waktu tiga tahun terakhir ini perkembangan peminat siswa, sangat signifikan terutama penerimaan siswa baru. Sekolah ini telah mengungguli jumlah penerima siswa baru sekolah menengah pertama yang ada di lokasi MTs Muhammadiyah Kalosi.

Pada tahun ajaran 2023/2024 jumlah siswa MTs Muhammadiyah Kalosi berjumlah 347 siswa. Sedangkan jumlah guru dan tenaga pendidik yaitu 31 orang. Dari jumlah tenaga pendidik tersebut ada 10 yang sudah tersertifikasi.

Alumni MTs Muhammadiyah Kalosi ada yang lanjut di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kalosi, yang masih satu komplek dengan MTs Muhammadiyah Kalosi. 

Sebagian lagi lanjut di beberapa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Enrekang.

MTs Muhamadiyah Kalosi beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani No. 29 Kalosi, Kecamatan Alla, Enrekang. 

Berdiri sejak tahun 1975 dan mulai beroperasi sejak tahun 1977. MTs Muhammadiyah Kalosi dulunya bernama SMI (Sekolah Menengah Islam), kemudian berubah nama lagi menjadi PGA, sampai akhirnya berubah nama menjadi MTs Muhammadiyah Kalosi. (rahmadani annisa/yahya)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MAGELANG, Suara Muhammadiyah - Drum Band Kama Aditya SD Muhammadiyah Gunungpring (MuGu) tampil memuk....

Suara Muhammadiyah

16 December 2023

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah  – Lembaga Resiliensi Bencana/Muhammadiyah Disaster Management....

Suara Muhammadiyah

17 September 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Yogyakarta (30/12) Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Muhammad....

Suara Muhammadiyah

31 December 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Menyambut mudik Lebaran Idul Fitri 2024 ini dalam mendukung pelayanan a....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Masjid Dakwah Padokan Tirtonirmolo, Korps Mubalighat 'Aisy....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah