Mudir Pesantren Muhammadiyah Mengikuti Daurah Ilmu Agama di Makkah

Publish

26 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
928
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Daurah ilmiyah singkat bagi 20 orang Mudir Pesantren Muhammadiyah di Mekkah  al-Mukarramah dilaksanakan selama tiga hari, Rabu, Kamis, dan Jum'at, tanggal 20,21, 22 Desember 2023.

Kegiatan daurah ilmiyyah yang kami ikuti di Makkah, menunjukkan bahwa kota itu selain  kental nuansa ritualnya, ternyata memiliki daya tarik lain dari sisi kajian ilmu-nya. Dari sekian pusat kajian-kajian ilmu yang ada di Makkah adalah Markaz Iqra. Dan markaz iqra tempat kami menimba ilmu adalah Markaz Masârat al-Qummah li at-Tadrîb wa al-Isyraf at-Tarbawiy, yang beralamat di Batha Quraish, Makkah 24352, Arab Saudi.

Materi yang kami bahas dan diskusikan selama tiga hari itu diantaranya Fiqh Manasik bersama Syeikh Dr. Manshur Turkiy al-Tsubaitiyyu, Ushul al-I'Tiqad fî al-Kitâb wa al-sunnah bersama Syeikh Dr. Salim Ahmad Al-Bathâthiy, dan Muqaddimât fî Ta'zîzi al-Yaqîn wa  at-Tahshin dhidha as-Syubuhât bersama Syeikh Dr. Salim Ahmad Al-Bathâthiy.

Secara bahasa, daurah berasal dari kata dâra-yadûru-dauratan, artinya berputar, berotasi, berkeliling. Dikatakan demikian, karena daurah berupa pelatihan atau pembelajaran yang dilakukan dalam siklus jadwal putaran tertentu. Ada juga sistem pembelajaran nya dengan mengelilingi sang mentor (pengajar), seperti yang biasa dilakukan di Masjid Haram dan Masjid Nabawi.

Sedangkan menurut istilah, daurah adalah aktivitas belajar atau pertemuan di suatu tempat untuk melakukan berbagai kegiatan guna mendalami agama (Islam), dakwah, budaya, bahasa, dan spesifikasi Keilmuan lainnya, sesuai dengan program yang dipilih. Program pelatihan atau kajian keislaman tersebut, biasanya dilaksanakan lebih dari satu hari. Bisa seminggu, sebulan atau bahkan lebih.

Dengan mengikuti daurah tersebut, mudir-mudir pesantren Muhammadiyah dapat memanfaatkan waktu  mereka untuk menambah masuknya  iman di dalam kalbu melalui penguatan dan pencerahan ilmu agama Islam.

Di akhir penyelenggaraan daurah ilmiyah, para peserta memperoleh syahâdah musyârakah  dari Markaz Masârat al-Qummah li at-Tadrîb wa al-Isyraf at-Tarbawiy yang ditandatangani oleh mudîr âm (direktur umum)-nya. (Arip Somantri)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KULONPROGO, Suara Muhammadiyah – Pada hari Sabtu, 25 November 2023 telah diadakan Giat Literas....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

KARTASURA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kartasura melakukan pendataan partisi....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Dua penghargaan sekaligus disabet oleh siswa SMP Muhammadiyah Progra....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

MEKKAH, Suara Muhammadiyah - Kerajaan Arab Saudi mengundang 250 orang tokoh agama dari seluruh Negar....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Kasus pelecehan seksual semakin merajalela, tak terkecuali di lingkunga....

Suara Muhammadiyah

19 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah