Muhammadiyah Lamasi Luwu Fokus Rekrut Anggota dan Bentuk Ranting Baru

Publish

6 April 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
76
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LUWU, Suara Muhammadiyah - Kehadiran Muhammadiyah di Kecamatan Lamasi Kabupaten Luwu terbilang cukup lama dimulai sekitar 1970-an dan sampai kini masih tetap eksis dengan berbagai kegiatan dan amal usaha membawa pencerahan dan pembaharuan di tengah masyarakat.

Cabang Muhammadiyah Lamasi saat ini akan fokus pada perekrutan anggota baru serta merintis pembentukan Ranting Muhammadiyah yang baru di Lamasi Timur. 

Proses pembentukan PRM Lamasi ini sedang dirampungkan dan semoga dalam waktu dekat akan terbentuk.

Demikian ditegaskan Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Lamasi, Lukman S. Ag didampingi Wakil Ketua, Suparlan SP kepada media Jumat 5 April 2024.

Dijelaskan saat ini pada Cabang Muhammadiyah Lamasi ada tiga ranting yakni Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Lamasi, PRM Madura serta PRM Setiarejo. Rencana PRM keempat adalah yang sedang dirintis pembentukan yakni PRM Lamasi Timur.

Proses rekruitmen kader tangguh persyarikatan lewat kaderisasi pada organisasi otonom Muhammadiyah (Ortom) yakni; Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci Putera Muhammadiyah, Hizbul Wathan.

Salah satu Ortom Muhammadiyah sangat di minati di Lamasi yaitu Tapak Suci, karena olahraga ini sudah banyak memenangkan kejuaraan lomba baik remaja mau pun dewasa hingga pada tingkat nasional.

 "Saya sangat bangga melihat perkembangan siswa-siswi Tapak Suci Cabang Lamasi karena semangat tidak pernah luntur dan selalu membuat para pelatih merasa bangga dengan berbagai prestasi yang dicapai, kata  uparlan SP yang juga salah seorang pelatih Tapak Suci ini.

Kedua pengurus PCM Lamasi ini sangat optimis Muhammadiyah di Lamasi akan tetap berkembang seiring berjalannya waktu melalui pengkaderan ortom dan juga kehadiran kader yang setia dan juga aktif mengembangan dan menyebarkan syiar persyarikatan.

Selama ini beberapa program kerja telah terealisasi termasuk pelaksanaan Muscab Muhammadiyah Lamasi 2023, pengajian rutin dua kali sebulan dan di bulan Ramadhan 1445 H pengajian telah dilakukan satu kali.

Amal Usaha Muhammadiyah Cabang Lamasi, terdapat 2 TK Aisyiyah dan 1 SD Muhammadiyah berlokasi di Pasar Sentral Lamasi. Kedua Masjid Muhajirin. Ortom Muhammadiyah yang aktif ada 4 yaitu: Tapak Suci, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Aisyiyah, dan juga ada kokam bergerak di Ortom Pemuda Muhammadiyah.

Ketua PCM Lamasi, Lukman, S.Ag adalah seorang pengajar bahasa Arab di MTS Lamasi. Selain sibuk menjadi kepala keluarga, pengajar dan penggiat organisasi ia juga aktif berkebun. Dia menyelesaikan S1 di IAIN Alauddin Ujung Pandang 1998.

Struktur kepengurusan PCM Lamasi Luwu Periode 2022-2027 yakni; Ketua; Lukman, S. Ag; Wakil Ketua, Suparlan, SP. Sekretaris, M. Suada, S.Pd. Bendahara; Khairul Ikhsan. Anggota; Tumijo; Aries S. Umar, SP; Munanto, S.Pd ; Jamaludin, S. Pd M. Pd; Arichan Najmuddin. (luthfiah zain/yahya)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Bantul (22/10) Alumni Bimbingan Haji Aiyiyah Bantul (ALBHA) Bantul....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY mengadakan Pengajian Ramadh....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMS) menggelar buka puasa....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

SYDNEY, Suara Muhammadiyah — Muhammadiyah New South Wales (NSW) Australia menggelar Musyawarah....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Melon Madu Orange dengan media tanam organik dibudidayakan di dep....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah