Nasyiatul Aisyiyah Tegaskan Tolak Politik Uang

Publish

15 October 2023
na

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
247
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Endang Wihdatiningtyas, anggote Dewan Kehormatan Dewan Penyelenggara Pemilu tahun 2012-2017, membawa hasil riset dari Lembaga Survey Indonesia (LSI) dan Lembaga Penelitian Founding Father House (FFH) yang menunjukkan tren yang mencemaskan. Pada pemilu 2019, 48% masyarakat menganggap politik uang sebagai hal biasa. Pada Pilkada 2020, sekitar 21,9% responden pernah ditawari uang atau barang untuk memilih calon tertentu, dan 22,7% mengaku ditawari imbalan serupa pada pemilihan bupati/walikota. Bahkan, dalam kurun waktu 2010-2016, masyarakat yang setuju dengan politik uang mengalami fluktuasi yang signifikan.

Menurut Endang, Nasyiatul Aisyiyah dapat mengambil banyak peran strategis dalam pelaksanaan pemilu serentak 2024. Pertama, memilih menjadi pemilih cerdas dengan memperhatikan visi misi Partai, mencatat rekam jejaknya, kapasitas dan kapabilitasnya, program-programnya dan membuat pakta integritas dengan caleg.

“Kedua, menjadi peserta pemilu dengan menjadi salah satu calon legislatif, atau calon DPD atau calon kepala daerah. Ketiga, menjadi penyelengggara pemillu di semua tingkatan. Keempat, menjadi pemantau pemilu,” jelas Endang dalam sesi Forum Warga Sosialisasi Pengawasan Partisipatif untuk Sukses Pemilu 2024, Sabtu (14/10)  dalam serangkaian kegiatan Konsolidasi Organisasi Nasyiatul Aisyiyah yang dilaksanakan di BBPPMPVSB Yogyakarta.

Banyaknya pelanggaran pemilu, kata Endang, aktornya adalah penyelenggara pemilu, peserta pemilu, bahkan juga pengawas pemilu.

“Maka dari itu masih diperlukan pengawasan dari masyarakat seperti Nasyitaul Aisyiyah bagian dari masyarakat netral. Karena pada dasarnya pengawasan pemilu tidak menjangkau pelanggran sampai pada titi-titik yang sulit dijangkau,” imbuh Endang. 

Sebagai gerakan perempuan muda  terbesar di Indonesia, Nasyiatul Aisyiyah memanfaatkan kesempatan ini untuk menegaskan posisinya sebagai komunitas yang menentang keras praktik politik uang. Nasyiatul Aisyiyah  melihat politik uang sebagai langkah awal menuju perilaku koruptif dan ingin memainkan peran aktif dalam mengubah pandangan masyarakat terhadap hal ini. 

Dengan pemilu serentak 2024 yang semakin mendekat, Nasyiatul Aisyiyah  bertekad untuk mengambil tindakan nyata dalam memerangi politik uang dan memastikan bahwa demokrasi di Indonesia dapat berjalan dengan lebih bersih dan transparan. 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sukses ....

Suara Muhammadiyah

29 September 2023

Berita

LIMAPULUH KOTA, Suara Muhammadiyah- Santri Ponpes Modern Al Kautsar Muhammadiyah Harau Kabupaten Lim....

Suara Muhammadiyah

6 September 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah -- Bertempat di kantor BPBD Provinsi Jawa Tengah berlangsung pertemuan ....

Suara Muhammadiyah

26 March 2024

Berita

PDNA Lampung Timur dan Pondok Muhammadiyah Darul Hikmah Adakan Ramah Tamah dan Diskusi (RADIUS) LAM....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah (PRA) Kadipaten Wetan dan Ngasem, ....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah