PCM Pattallassang Terbentuk 2010, Memiliki 9 Pimpinan Ranting Muhammadiyah

Publish

24 April 2024
pcm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
63
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GOWA, Suara Muhammadiyah - Kehadiran Cabang Muhammadiyah di Pattalassang Gowa dimulai sejak 2010 dan digagas diantaranya oleh Abdul Karim A.Md Daeng Bombong serta H. Darul Aqsa Dg Tika saat itu Kepala KUA Kecamatan Pattalassang dan jadi ketua pertama PCM Pattalassang.

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Pattalassang Gowa 2022-2027, Abdul Karim A.Md Daeng Bombong, kepada media akhir April 2024 mengatakan, perjalanan PCM selama kurang lebih 14 tahun kini telah mampu menghadirkan 9 Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM).

Dijelaskan, PRM yang berhasil hadir di desa dan kelurahan di Kecamatan Pattalassang Gowa  ini yakni;  PRM Timbuseng, PRM Teamate, PRM Tamalayu, PRM Panaikang, PRM Pattallassang, PRM Bangkala, PRM Monccong-Moncong, PRM Borpal, PRM Sunggumanai.

Kesembilan PRM itu terbilang aktif dalam menyebarkan syiar dan  dakwah Muhammadiyah di ranting masing-masing serta pro aktif dalam setiap kegiatan pimpinan cabang Muhammadiyah.

Adapun kegiatan yang dilaksankan oleh PCM selama ini yakni pengajian rutin ke ranting sekaligus konsolidasi dan silaturrahim untuk mengembangkan dan membesarkan persyarikatan.

Pada pengajian rutin di PCM, pernah mendatangkan nara sumber  Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel Prof H. Abdul Qadir Gassing, tampil membawakan pengajian bulanan selenggarakan PCM Pattalassang Gowa, Ahad 19 Nopember 2023 di rumah Ketua Pengurus PRM Paccellekang,  Abdul Rahman Tola.

Selama bulan suci Ramadhan 1445 H, kegiatan yang dilaksanakan adalah safari Ramadhan serta kunjungan ke ranting ranting meningkatkan silaturrahim sekaligus memperkuat konsolidasi persyarikatan. 

Pada  periode kepemimpinannya telah di canamkan beberapa program di antaranya pengajian pekanan serta pembentukan amal usaha muhammadiyyah seperti TK, Klinik, dan sekretariat. Dalam mewujudkan program tersebut PCM Pattallassang membangun kolaborasi bersama Unismuh Makassar dan PDM Kota Makassar.

Selama ini pelaksanaan program dan kegiatan telah berjalan lancar karena terjalin komunikasi yang baik antara pimpinan ranting dan pimpinan cabamg. PCM Pattallassang belum memiliki amal usaha, tapi sudah ada 1 TK Aisiyah yang bertempat di Japing, katanya. (ayu andira/yahya).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Pendidikan, menurut undang-undang, memiliki terminologi yang ....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Syah Kuala Banda Aceh Usta....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Seminar da....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh Ustaz Dr. M....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

Penguatan Kepemimpinan untuk Perluasan Dakwah yang Mencerahkan SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Maje....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah